PIN Polio Pekon Gunung Terang Dibarengi Penyaluran PMT Program Pencegahan Stunting

PIN Polio Pekon Gunung Terang Dibarengi Penyaluran PMT Program Pencegahan Stunting

Penyauran program PMT yang dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan PIN Polio di Pekon Gunung Terang--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Puskesmas Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Pekon Gunung Terang yang dipusatkan di balai pekon setempat pada Kamis 25 Juli 2024.

Momentum kegiatan PIN Polio juga dimanfaatkan pemerintah pekon setempat untuk menyalurkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) program pencegahan stunting melalui Anggaran Dana Desa (ADD). 

Program PMT yang dilaksanakan tersebut merupakan kegiatan kedua pendistribusian kepada masyarakat atau penerima manfaat yakni kategori ibu hamil (bumil) sebanyak 20 orang, dan bayi/balita sejumlah 161 orang. 

PMT yang disalurkan itu berupa makanan komplit mulai dari protein, sayur mayur hingga makanan pokok dengan total anggaran untuk 161 bayi dan balita Rp2.415.000. dan untuk bumil 20 orang Rp240.000. 

BACA JUGA:Soal Oknum Peratin Terlibat Narkoba, Pemkab Pesisir Barat Segera Tunjuk Pelaksana Tugas

Penjabat (Pj) Peratin Gunung Terang Muhammad Irfan, SE. menyampaikan bahwa dalam pemanfaatan Dana Desa Tahun 2024, terdapat beberapa kriteria skala prioritas penggunaan sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah diantaranya upaya pencegahan dan pengentasan kasus stunting yang dalam pelaksanaannya digulirkan dalam bentuk PMT. 

Sehingga atas bantuan tersebut diharapkan masyarakat semakin memahami terhadap pentingnya asupan makanan bergizi dan berprotein kepada balita, maupun ibu hamil. 

Mengingat kasus stunting sering terjadi pada anak yang diawali kurangnya pemenuhan gizi saat bayi dalam kandungan. 

Sementara terkait imunisasi polio yang saat ini tengah dilakukan serentak. Program tersebut sasarannya adalah anak usia 0 sampai 7 tahun dan dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda, yakni di Pos PIN pekon dan di sekolah masing-masing untuk anak-anak yang telah mengenyam pendidikan. 

BACA JUGA:Defisit Biji Kopi Dunia Diprediksi Akan Berlangsung Lama

Masyarakat tampak antusias untuk mengantarkan putra-putrinya untuk mengikuti imunisasi polio, begitu juga warga yang telah terdata sebagai penerima PMT hadir dengan penuh antusias.

pada kesempatan itu Irfan berpesan kepada aparatur Pekon untuk mensosialisasikan kepada warga tentang kegiatan PIN polio yang akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. 

"Jangan sampai karena ketidaktahuan warga ada putra-putri kita yang tidak tervaksin Polio sebab ini penting bagi kesehatan dan masa depan mereka," imbuhnya. 

Sementara itu Camat Air Hitam Bambang Hermanto, S.Pd, MM. memberikan apresiasi yang tinggi terhadap antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan imunisasi polio tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: