7.276 Jemaah Asal Lampung Berhasil Menunaikan Ibadah Haji 2024, Delapan Meninggal Dunia

7.276 Jemaah Asal Lampung Berhasil Menunaikan Ibadah Haji 2024, Delapan Meninggal Dunia

Ilustrasi kepulangan jemaah haji asal Lampung --

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 7.276 jemaah haji asal Lampung telah berhasil menunaikan ibadah haji tahun 2024.

Adapun kloter terakhir jemaah haji dari Provinsi Lampung tiba pada Minggu 21 Juli 2024 pukul 02.00 WIB dini hari.

Kepala Kantor Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo menjelaskan bahwa penyelenggaraan haji 1445 H/2024 Mumtaz, luar biasa dengan dengan adanya beberapa skema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Ia menjelaskan bahwa mulai dari akomodasi dan konsumsi tahun ini lebih baik dan mekanisme murur dan tanazul memberikan kemudahan bagi jemaah lansia dan mengurangi kepadatan.

BACA JUGA:KPU Coklit Pj Gubernur Samsudin, Salurkan Suara di TPS 7 Sumur Batu

"Alhamdulillah total sebanyak 7.276 jemaah haji asal Lampung telah berhasil menunaikan ibadah haji tahun ini," kata Puji Raharjo melalui keterangan tertulisnya saat menyambut kedatangan jemaah haji terakhir Lampung.

Lanjutnya murur merupakan skema puncak haji di mana jemaah haji yang selesai wukuf di Arafah akan diangkut menggunakan bus melintas secara pelan melewati Muzdalifah dengan berdiam di dalamnya, tidak turun. 

Murur ini diprioritaskan bagi jemaah lansia dan risti.

Sementara Tanazul yakni pengajuan kepulangan lebih cepat dari jadwal yang seharusnya ataupun pengunduran waktu pulang jemaah haji dari jadwal yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:Soal Permintaan Penambahan SMA Negeri di Terbanggi Besar, Disdikbud Lampung Akan Survei Dulu

Tanazul ini dilakukan oleh jemaah lansia, sakit, atau alasan lain yang memenuhi kriteria layak terbang.

Selaku Kepala Staf Urusan Haji Provinsi Lampung, Puji Raharjo menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kerja sama semua pihak, khususnya bapak Gubernur, Bupati, Walikota se-Provinsi Lampung, dan semua yang terlibat dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Provinsi Lampung.

Sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar dan sukses mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan. 

"Semoga kerja keras dan keikhlasan bapak Ibu sekalian tercatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT. Saya juga mendoakan seluruh jemaah mendapatkan haji mabrur serta selamat berkumpul kembali dengan keluarga di tanah air," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: