Kick Off Idul Yatama, 1.000 Anak Yatim di Lampung Barat Mendapat Santunan Uang Tunai

Kick Off Idul Yatama, 1.000 Anak Yatim di Lampung Barat Mendapat Santunan Uang Tunai

Pemberian santunan kepada anak yatim pada peringatan Idul Yatama--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 1000 anak yatim-piatu di Kabupaten Lampung Barat menerima santunan uang tunai yang disalurkan oleh Kementerian Agama bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ).

Penyerahan santunan yang dilaksanakan untuk memperingati momentum lebaran anak yatim atau Idul Yatama, ditandai dengan Kick Off yang dilakukan oleh Plh Kepala Kankemenag Lambar Hi. Miftahus Surur, S.Ag.,M.Si., didampingi Kasi Penyelenggara Zakat dan Wakaf Linda Susilawati., bersamaan dengan pengajian dan Dzikir Manakib bertempat di Pondok Pesantren Daruth Tholibin, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Selasa 16 Juli 2024.

Kick Off sekaligus Launching Program Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat ini bertema 'Berbagi Cinta Berlimpah Berkah'. 

Untuk diketahui bahwa penyerahan secara simbolis melibatkan sebanyak 121 anak. 

BACA JUGA:Uncu Wenda Datangi Polda Lampung, Pertanyakan Laporan yang Dilayangkan Istri Muda Bupati Lamteng Musa Ahmad

Dengan total sekitar 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Lampung Barat, dan 46 ribu anak untuk Provinsi Lampung. 

Plh Kepala Kankemenag Lambar Miftahus Surur mengatakan bahwa Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim diperingati pada Hari Asyura (Ashura), tepatnya setiap tanggal 10 Muharram.

"Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim adalah momen yang terbentuk karena kebiasaan atau tradisi masyarakat sejak dulu kala yang kerap menyantuni anak yatim pada setiap tanggal 10 Muharram,"ujarnya.

"Kali ini Kementerian Agama bekerjasama dengan BAZNAS dan LAZ untuk memberikan bantuan ke anak-anak yatim dan anak-anak lain berkebutuhan khusus. Alhamdulillah di Lampung Barat santunan diberikan ke sebanyak 1.000 anak yatim," jelasnya. 

BACA JUGA:Suhu di Pesisir Barat Lebih Dingin dari Biasanya, BPBD: Sudah Musim Kemarau

Ia juga menerangkan kegiatan ini menjadi salah satu program Kementerian Agama melalui Dirjen Bimas Islam dengan Nomor surat B- 911/Dt.III.IV/HM.01/6/2024 yang menargetkan 1 juta anak yatim yang harus disantuni pada tahun 2024. 

"Amalan menyantuni anak yatim dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW karena keutamaan bulan Muharram dan keutamaan menyantuni yatim sendiri. Semoga dengan menyantuni anak yatim akan menjadi sebab keberkahan Allah Swt," paparnya.

Diketahui, dalam momentum Lebaran anak yatim itu turut digelar Program Kampung Zakat, Program KUA Pemberdayaan Ekonomi Umat, Program Inkubasi wakaf produktif dan sekaligus dalam kegiatan ini launching Program Kota Wakaf.

Dalam Kegiatan ini akan membagikan santunan kepada 2 juta anak yatim serentak se Indonesia dan akan dicatat dalam rekor Muri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: