Siapkan Bahan Pangan Dengan Harga Terjangkau

Siapkan Bahan Pangan Dengan Harga Terjangkau

DKPP Pesisir Barat Gelar Gerakan Pangan Murah. Foto Dok--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Jumat 12 Juli 2024 kemaritn kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang bertempat di samping Stan Pameran Krui Fair.

Hadir dalam kesempatan itu, Kadis KPP Pesbar Unzir, S.P., Ketua TP-PKK Pesbar Ny. Septi Istiqlal., dan ratusan masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan GPM tersebut.

Dalam kesempatan itu, Unzir., mengatakan pangan merupakan kebutuhan pokok masyarakat, tapi saat ini harga bahan pangan di pasaran mengalami peningkatan yang cukup signifikan sehingga secara tidak langsung berpengaruh terhadap peningkatan laju inflasi.

BACA JUGA:Deklarasi Pekon Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Pesbar Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pilkada 2024

“ Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam pengendalian harga kebutuhan pokok yang terjadi, mulai dari beras, minyak goreng, telur, gula, tepung terigu, bawang merah dan bawang putih,” jelasnya.

Dijelaskannya, harga komoditi beras medium saat ini harganya dipasar tradisional sudah masih tinggi berkisar antraa Rp12.000.,- hingga Rp13.000.,- per kilogram, begitu juga dengan harga sejumlah komoditi lainnya.

“GPM ini merupakan solusi jangka pendek yang bisa dilakukan oleh Pemkab Pesbar dalam menekan laju inflasi, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” jelasnya.

BACA JUGA:Ratusan Warga Tumpah Ruah Turun Ke Jalan Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Lampung Barat

Ditambahkannya, dalam kegiatan itu pihaknya menyiapkan beras sebanyak satu ton, minyak 250 kilogram, gula 100 kilogram, terigu 150 kilogramS, telur 150 karpet, bawang merah dan bawang putih masing-masing 30 kilogram.

“ Sedangkan untuk harga kami jual di bawah harga pasaran seperti, beras Rp58.000,- per kemasan lima kilogram, telur ayam Rp50.000,- per karpet, minyak goreng Rp12.000,- per liter, tepung terigu Rp11.000,- per kilogram, gula pasir Rp14.000,- pert kilogram, bawang merah Rp25.000,- per kilogram dan bawang putih Rp33.000,- per kilogram,” terangnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Pesbar, Ny. Hj. Septi Istiqlal., mengatakan, kini harga kebutuhan sehari-hari meningkat, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat.

BACA JUGA:Ketua LPAI Lambar Tanggapi Kasus Pembuang Bayi Dalam Kardus di Pekon Pampangan

“ Kami sangat mengapresiasi atas digelarnya acara ini, melalui gerakan pangan murah ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya singkat. (yogi/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: