Pj Gubernur Samsudin Buka Temu Bisnis Produk Perkebunan dan Saksikan Pelantikan DRKI Lampung

Pj Gubernur Samsudin Buka Temu Bisnis Produk Perkebunan dan Saksikan Pelantikan DRKI Lampung

--

BACA JUGA:Kepala Kanwil BPN Lampung Lounching Implementasi Sertipikat Elektronik

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Perkumpulan Dewan Rempah Kejayaan Indonesia Nuning S Barua menyampaikan bahwa Indonesia merupakan Negara Kepulauan yang Kuat dan Kita Kaya akan Rempah beserta kekayaan Hayati-nya. Dimana, Lampung merupakan pusat Lada hitam termasuk juga Kopi, dan coklat, dan juga komoditi perkebunan lainnya.

Pada saat ini, jelasnya, Indonesia harus fokus untuk dapat meningkatkan kejayaan rempah, karena banyak kendala antara lain penurunan kualitas dan kuantitas produksi, harga yang tidak stabil, kurangnya infrastruktur dan fasilitas pendukung. Kemudian, menurunnya penelitian dan juga pengembangan bidang rempah, dan lainnya. 

“Dengan adanya tantangan tersebut, diharapkan kita tetap bersama-sama meningkatkan infrastruktur, melakukan pelatihan dan pemberdayaan petani, maupun umkm. Kemudian, investasi dan aktivitas riset dan pengembangan, diversifikasi produk, serta stabilitas harga,” jelasnya.

Nuning menuturkan bahwa pelantikan (Pengurus Dewan Rempah Kejayaan Indonesia Wilayah Lampung) ini merupakan tonggak sejarah bagaimana pentingnya kita melakukan secara organisasi untuk dapat meningkatkan hasil rempah yang ada di Provinsi Lampung. 

BACA JUGA:BPBD Catat 4 Daerah Rawan Kekeringan di Lampung Saat Musim Kemarau

“Kita akan bersatu padu untuk dapat meningkatkan, dan masing-masing dapat menjalankan tugas, sehingga kita dapat meningkatkan kualitas dan mendukung produktivitas rempah, penguatan kolaborasi, Pemberdayaan petani dan hak usaha, promosi dan pemasaran yang efektif, serta pelestarian dan pengembangan,” ungkapnya.

Nuning berharap melalui pelantikan Pengurus DRKI Wilayah Lampung masa bakti 2024-2029 akan dapat semakin memperkuat tongkat langkah strategis dalam meningkatkan sektor rempah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: