Lama Berkarir di Kemenpora, Samsudin Dapat Tantangan Baru Jadi Pj Gubernur Lampung

Lama Berkarir di Kemenpora, Samsudin Dapat Tantangan Baru Jadi Pj Gubernur Lampung

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian atas nama Presiden Republik Indonesia melantik Samsudin, Staf Ahli Bidang Hukum pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Lampung.

Pelantikan tersebut berlangsung di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C Kementerian Dalam Negeri RI, Jakarta Pusat, Rabu 19 Juni 2024.

Seperti diketahui, sebelumnya bahwa Pemerintah Pusat telah menugaskan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Lampung. 

Hal tersebut dikarenakan pada saat masa jabatan Arinal Djunaidi berakhir pada Rabu, 12 Juni 2024 dan belum ditetapkan Pj Gubernur Lampung.

BACA JUGA:Lantik Samsudin Jadi Pj Gubernur Lampung, Ini Pesan Mendagri Tito Karnavian

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 69/P Tahun 2024 tanggal 14 Juni 2024 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Lampung.

Dalam Surat Keputusan Presiden tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Lampung disebutkan bahwa masa jabatan Penjabat Gubernur Lampung paling lama adalah untuk periode satu tahun. 

Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak Arinal Djunaidi yang telah mengemban tugas sebagai Gubernur Lampung selama periode 2019 - 2024.

"Saya ucapkan terimakasih ke Bapak Arinal Djunaidi atas nama presiden dan atas nama pemerintah. Bapak telah melaksanakan tugas dengan cukup baik selama di Lampung," kata Mendagri. 

BACA JUGA:Pemberangkatan Jemaah Umroh Gratis Dijadwal 15 Juli 2024

Kepada Pj. Gubernur Lampung yang baru saja dilantik, Mendagri menekankan pentingnya membangun komunikasi dan menjalin kerjasama dalam upaya percepatan pembangunan daerah. 

"Kunci dari teritorial adalah penguasaan wilayah, kemampuan komunikasi sosial jauh lebih penting dibandingkan kemampuan teknokrasi. Lampung juga lumbung pangan jadi kita berharap banyak. Bapak cepat beradaptasi dengan yang ada disana. Disamping reguler percepatan pembangunan, stunting, kesehatan, dan lainnya,"ungkapnya. 

"Saya melihat track record bapak banyak berkarir di pemerintah pusat khususnya di Kemenpora dan ini adalah pengalaman baru dan juga tantangan baru," kata Tito Karnavian. 

Terkait penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah, Mendagri menekankan kepada Pj Gubernur Lampung agar dapat selalu menjaga kondusifitas di daerah dan terus membangun komunikasi yang baik dengan berbagai pihak.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: