Pasokan Hewan Kurban Bertambah, Puskeswan Pastikan Semua Telah Lewati Pemeriksaan Kesehatan

Pasokan Hewan Kurban Bertambah, Puskeswan Pastikan Semua Telah Lewati Pemeriksaan Kesehatan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Memasuki hari raya Idul Adha 1445 Hijriah, pasokan hewan persiapan qurban di wilayah Kecamatan Sukau dan Lumbok Seminung terus bertambah. 

Hingga H-1, Minggu 16 Juni 2024 tercatat total stok hewan persiapan kurban yang ada ialah sebanyak 132 ekor untuk sapi dan 197 ekor kambing yang tersebar di setiap pekonnya.

Ditengah adanya penambahan stok, UPT Puskeswan memastikan setiap hewan yang masuk ke wilayah itu telah dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan hewan tersebut terbebas dari berbagai macam penyakit.

Kepala UPT Puskeswan Lumbok Seminung yang juga membawahi wilayah Kecamatan Sukau, Hermansyah menjelaskan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban mencakup, kondisi fisik dan kecukupan umur pada tempat penampungan hewan kurban di sejumlah wilayah yang meliputi Kecamatan Sukau dan Lumbok Seminung.

BACA JUGA:Sambut Sholat Idul Adha, Pengurus Masjid Islamic Center Bersihkan Sarana Prasarana Ibadah

“Sampai dengan H-1, total stok untuk Sapi ada sebanyak 132 ekor, sedangkan kambing ada sebanyak 197 ekor. Untuk jumlah hewan kurban terbanyak berasal dari Kecamatan Sukau,” ujarnya.

Hingga kini, untuk menjamin perlindungan terhadap kesehatan hewan, mencegah masuk dan menyebarnya penyakit hewan menular dan zoonosis, serta melindungi dan menjamin masyarakat dalam mengkonsumsi produk hewanyang aman, sehat, utuh dan halal, pihaknya masih terus melakukan pengawasan terhadap lalulintas hewan dan produk hewan. 

Hal itu didasarkan dengan surat edaran Peraturan Menteri Pertanian nomor 17 tahun 2023 dan Surat Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor:S-87/TU.020/F4/02/2024.

“Pemerintah tentunya berkomitmen untuk memastikan kesehatan dan keselamatan hewan kurban guna melindungi masyarakat dari potensi penyakit hewansehingga kami secara intensif turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan serta melakukan pengawasan secara ketat ke setiap kandang peternakan,” jelasnya.

BACA JUGA:Tanggulangi Wabah DBD, Puskesmas Liwa Kembali Lakukan Fogging

Dengan langkah-langkah tersebut, pihaknya berharap dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam merayakan Idul Adha dan memastikan hewan kurban yang disembelih sehat dan layak konsumsi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: