Pelaku Usaha Perhotelan di Pesisir Barat Terdampak Pemadaman Listrik PLN

Pelaku Usaha Perhotelan di Pesisir Barat Terdampak Pemadaman Listrik PLN

Ilustrasi - Genset menjadi sumber listrik satu-satunya saat terjadi pemadaman listrik-AI Image Generator-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDPemadaman listrik di wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) sejak Selasa 4 Juni sore kemarin, hingga Rabu 5 Juni 2024 yang sampai sekarang juga masih mengalami pemadaman, berdampak terhadap para pelaku usaha di Kabupaten setempat yang bertumpu pada sektor pariwisata. Salah satunya pelaku usaha perhotelan dan penginapan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pesisir Barat, Andri Prabowo, mengatakan, kondisi pemadaman listrik yang terjadi di wilayah Kabupaten Pesbar sangat berdampak terhadap masyarakat, salah satunya para pelaku usaha seperti perhotelan, penginapan, losmen atau sejenisnya.

“Mengingat saat ini masih terbilang musim ombak, sehingga banyak para wisatawan mancanegara yang berkunjung di Kabupaten Pesbar, salah satunya mereka (wisman) bermalam di hotel atau penginapan,” katanya.

Ditambahkannya, pemadaman listrik itu, jelas biaya operasional yang dikeluarkan oleh para pelaku usaha itu mengalami peningkatan cukup signifikan, salah satunya terhadap operasional untuk mesin genset. 

BACA JUGA:Menpora Dito Ariotedjo Dukung Konsorsium Gerakan Bangun Nusantara

Karena solusi untuk mengatasi kondisi listrik padam itu satu-satunya bersumber dari mesin diesel atau genset untuk sumber aliran listrik pengganti listrik PLN.

“Jika tidak mengandalkan mesin genset, pelayanan untuk tamu terutama para tamu wisatawan mancanegara dan domestic itu tidak maksimal, dan ini menjadi keluhan para tamu, apalagi tamu yang memang sudah menjadi pelanggan di penginapan atau hotel itu,” jelasnya.

Karena itu, kata dia, kondisi pemadaman listrik PLN ini jika terus berlarut-larut tentunya akan berimbas terhadap kerugian bagi para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Pesbar ini terutama usaha perhotelan tersebut. 

Begitu juga pelaku usaha restoran ataupun rumah makan di wilayah ini kemungkinan dengan keluhan yang sama, jika kondisi listrik PLN mengalami pemadaman yang terhitung cukup lama ini.

BACA JUGA:Antisipasi Tindak Kejahatan ketika Listrik Padam, Polda Lampung Siagakan Personel Patroli

“Setahu saya baru saat ini, kondisi listrik PLN padam cukup lama, bahkan mungkin sudah lebih dari 24 jam. Untuk itu, kita berharap ini dapat menjadi perhatian bersama, sehingga kondisi listrik PLN bisa kembali normal seperti biasanya,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: