Salurkan Alkes, Pj Peratin Sukadamai Bimbing Warga Pahami Pentingnya Kesehatan

Salurkan Alkes, Pj Peratin Sukadamai Bimbing Warga Pahami Pentingnya Kesehatan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kesehatan Masyarakat (Kesmas) merupakan salah satu perhatian penting yang diusung Penjabat (Pj) Peratin Sukadamai, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Sri Wedarti, S.E., setelah diamanahkan Pj Bupati Lambar Drs Nukman, M.M., untuk memimpin pekon setempat hingga pemilihan peratin (pilratin) serentak mendatang pasca habisnya masa kerja peratin definitif pertengahan 2023 kemarin. 

Sebagaimana saat merealisasikan program Dana Desa (DD) Tahap I, seperti pada momen penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), pihak pekon juga menyalurkan Alat Kesehatan (Alkes) sasaran Posbindu dan Posyandu seperti Tabung (regulator) oksigen satu set, tensi, doppler, pengukur lingkar kepala balita, stik kolesterol, gula darah dan asam urat.

Dijelaskan pengadaan alkes tersebut dianggarkan melalui program Bidang Pembangunan II diantaranya sektor kesehatan.

Sri Wedarti ungkapkan bidang kesehatan dianggap pihaknya penting jadi prioritas dalam mendukung keberlanjutan kehidupan masyarakat setempat. 

BACA JUGA:Atlet Surfing WSL Krui Pro Asal Jepang Alami Luka Akibat Sabetan Sirip ikan

Hal itu karena letak Pekon Sukadamai berada di pedalaman Kecamatan Air Hitam, jadi walaupun mobilitas dengan Puskesmas tidak terlampau jauh.

Tapi karena akses jalan belum sepenuhnya terbangun mulus, dan tidak sedikit warga yang kendati menerap di tempat usaha kebun kopi, kadang perhatian terhadap kesehatan terabaikan.

Sehingga dengan terus dilengkapinya alkes di pekon ditambah adanya Bidan Desa (Bides) bersama kader, warga semakin memperhatikan kesehatan.  

Dengan adanya alkes yang memadai petugas kesehatan pekon dapat juga melakukan pengecekan kesehatan seperti upaya pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) mulai dari, pemeriksaan kolesterol, gula darah, dan asam urat yang menjadi pemicu hipertensi, atau PTM lainnya. Begitu juga upaya pencegahan penyakit yang menular. 

BACA JUGA:Sempat Heboh Suara Ledakan, Tabung Oksigen di Rumah Sakit Graha Husada Diduga Alami Kebocoran

"Harapan saya sebelum menyelesaikan amanah sebagai PJ Peratin Sukadamai ini, masyarakat semakin memahami pentingnya kesehatan dengan terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) diantaranya rutin memeriksakan kesehatan, mengingat nikmat paling besar didunia adalah nikmat sehat," imbuhnya.

Dan atas respon positif serta semangat yang tinggi warga dalam mendukung program pekon perempuan berkawan semende tersebut menghaturkan terima kasih dan mendoakan semoga apa yang menjadi cita-cita bukan itu dapat terwujudkan walaupun di pedalaman namun memiliki sumber daya manusia yang tidak kalah saing dengan yang di luar. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: