Material Longsor Selesai Dibersihkan, Lalu Lintas di Jalur Sukabumi-Suoh Kembali Normal

Material Longsor Selesai Dibersihkan, Lalu Lintas di Jalur Sukabumi-Suoh Kembali Normal

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bencana tanah longsor yang terjadi di jalan lintas Batu Brak-Suoh tepatnya di Pemangku 8 Way Selipas Pekon Sukabumi, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat selesai dibersihkan.

Sebelumnya akibat kejadian itu, arus lalu lintas dari dua arah sempat lumpuh total. 

Selanjutnya upaya penanganan dilakukan oleh TRC BPBD, TNI, Polri, satgas PB Pekon, aparat pekon serta bantuan satu unit alat berat dari pihak PT Tiga Oregon Putra (TOP) sehingga arus lalu lintas kembali normal pada pukul 23:30 Wib.

Proses evakuasi dipimpin oleh Camat Batu Brak Ruspel Gultom, Kabid Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Lambar Mekal Novisa, Peratin Sukabumi Alamsyah.

BACA JUGA:Makin Bertambah, 271 Peselancar Daftar WSL Krui Pro 2024

Kepala Pelaksana BPBD Lambar Padang Prio Utomo melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Mekal Novisa menjelaskan bencana longsor mengakibatkan akses jalan tertutup total dengan kuantitas tanah longsor yang menutupi badan jalan sekitar ketinggian sekitar 2 meter dan panjang sekitar 10 Meter.

Material longsor yang didominasi tanah dan pepohonan itu juga mengakibatkan aliran listrik milik PLN terputus dikarenakan saru tiang listrik roboh dan dua tiang dalam kondisi kemiring.

"Upaya penanganan dilakukan dengan adanya bantuan alat berat jenis Backhoe Loader dari PT TOP serta tenaga manual dari satgas BPBD yang didukung perlengkapan manual seperti chainsaw, golok, sekop dan cangkul,"ujarnya.

Kondisi terkini, tepatnya pada pukul 23.30 WIB akses jalan sudah bisa dilalui dengan normal. Selanjutnya untuk perapian jalan akan dilanjutkan besok Sabtu 25 Mei 2024 oleh pihak Dinas PUPR dan PT. TOP.

BACA JUGA:Peringatan Pasang Maksimum Air Laut Masyarakat Pesisir Diimbau Waspada Banjir

"Untuk penanganan lebih lanjut sudah dikoordinasikan dengan para pihak Dinas PUPR, PT. Tiga Oregon Putra untuk penurunan atau peminjaman alat berat dan dikoordinasikan juga dengan pihak PLN untuk melakukan penanganan evakuasi tiang listrik/kabel milik PLN,"tandasnya

Diketahui, bencana tanah longsor terjadi di jalan lintas Batu Brak-Suoh tepatnya di Pemangku 8 Way Selipas, Pekon Sukabumi, Kecamatan Batu Brak, pada Jumat Malam 24 Mei 2024 sekitar pukul 19:00 Wib 

Longsor yang dilaporkan terjadi di dua titik itu membuat arus lalulintas dari dua arah lumpuh total hingga menimbulkan kemacetan.

Peratin Sukabumi Alamsyah membenarkan kejadian tersebut. Saat ini pihaknya masih menunggu bantuan alat berat untuk membersihkan tanah longsor berikut pohon tumbang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: