Sinkronkan Kegiatan Kolektif Pekon, Kecamatan Kebun Tebu Bentuk Pengurus BKAD

Sinkronkan Kegiatan Kolektif Pekon, Kecamatan Kebun Tebu Bentuk Pengurus BKAD

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bertempat di aula balai Pekon Tugu Mulya, Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat, dipimpin Camat Ernawati, S.E., dilakukan pembentukan pengurus Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) tingkat Kecamatan Kebun Tebu, Rabu 15 Mei 2024.

Dalam pembentukan tersebut, dihadiri seksi kantor kecamatan, para peratin bersama jajaran aparatur dari sepuluh pekon tersebar di kecamatan tersebut. 

Dan ditetapkan secara aklamasi ditunjuk melalui keputusan Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (APDESI) yang diterangkan langsung, Ketua Apdesi Kebun Tebu Karyanto, S.E., menunjuk aparat Pekon Sinar Luas Ari Setiawan sebagai Ketua BKAD. 

Dalam sambutannya Ernawati yang juga berstatus pembina BKAD menegaskan pembentukan pengurus BKAD tingkat Kecamatan Kebun Tebu merupakan tindak lanjut dari tahapan sebelumnya yakni sosialisasi tentang pentingnya BKAD.

BACA JUGA:Jalan Nanang Ermanto Menuju Pilkada Selatan

Erna menjelaskan pentingnya BKAD dilaksanakan, satu atau lebih pekon tingkat kecamatan dan kabupaten memiliki kegiatan yang sama dalam satu tahun. 

Seperti perolehan dana hibah yang digulirkan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov). 

"BKAD bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar desa dalam berbagai aspek pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan dapat menjadi wadah untuk mensinergikan potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa dalam upaya memajukan daerah secara kolektif," tegasnya.

Karena itu Erna memberikan dukungan sebab BKAD ini merupakan suatu hal yang baik karena tahapan ini harus dilaksanakan karena sifatnya lebih dari satu pekon.

BACA JUGA:Hore..! Bansos Rp 600 Ribu dan Rp 200 Ribu Masuk Lagi di Kartu KKS

Erna meminta dalam melaksanakan roda kegiatan BKAD. Pengurus terpilih menjalin koordinasi melalui pembinaan petugas Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) yang tujuannya supaya pengurus lebih memahami tentang petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (Juklak - Juknis).

Pendamping Desa Heriyanto menyampaikan kegiatan tersebut lebih pada cara pembentukan pengurus BKAD, sehingga dengan telah terbentuk maka program yang akan dilaksanakan kegiatan penerapan smart village. 

Pj Peratin Tugu Mulya, Distomi SP, juga mengapresiasi dukungan dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: