Re-Akreditasi Puskesmas Pagar Dewa Berlangsung Meriah

Re-Akreditasi Puskesmas Pagar Dewa Berlangsung Meriah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Giliran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan Re-Akreditasi, oleh tim Surveyor dari LPA Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP) Kamis 18 April 2024.

Pada pembukaan Re-Akreditasi tersebut, hadir anggota DPRD Lambar wilayah Pagar Dewa, Kadiskes Lambar Widyatmoko Kurniawan, Sp.B. Camat Pagar Dewa Mat Patoni, S.Sos, M.Si., Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala Puskesmas Pagar Dewa Desmalia, S.Si., bersama para staf dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Kadiskes Lambar Widyatmoko Kurniawan, Sp.B. menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin. 

Pihaknya juga mengucapkan selamat datang di UPT Puskesmas Pagar Dewa kepada tim surveyor akreditasi puskesmas dari lembaga Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP) yang akan melaksanakan penilaian selama tiga hari kedepan dimulai Kamis 18 April hingga Sabtu mendatang secara ruling. 

BACA JUGA:Beberapa Warga Pekon Purajaya Terserang DBD, Nakes Lakukan Fogging

"Ini merupakan suatu kebahagiaan sekaligus kebanggaan bagi kami atas kehadiran bapak ibu supaya sekalian dapat hadir Puskesmas pagar dewa semoga membawa berkah dan harapan bagi kita semua," terangnya.

Pihaknya juga menerangkan 2023 Dinkes Lambar telah melaksanakan pra akreditasi Puskesmas sebanyak 4 UPT Puskesmas yaitu Puskesmas Lombok dengan status Akreditasi Pratama, Puskesmas Kebun Tebu dengan status Akreditasi Paripurna, Puskesmas Gedung Surian dengan status Akreditasi Utama dan Puskesmas BNS dengan status Akreditasi Utama yang telah ditentukan oleh kementerian kesehatan.

"Puskesmas yang telah dilakukan penilaian agar akreditasi menjadi puskesmas dengan pelayanan yang mutu menjadi puskesmas memiliki sistem pelayanan, mutu dan kinerja yang baik," jelasnya. 

Dia juga sebut jika akreditasi tidak lain adalah proses validasi dari segala aspek yang dimiliki oleh puskesmas, oleh karena itu besar harapannya kepada Puskesmas Pagar Dewa khususnya untuk dapat memberikan informasi yang sebenar-benarnya, agar pada saat penilaian akreditasi surveyor akan mendapatkan gambaran seberapa besar input, proses.

BACA JUGA:Pengangguran di Lampung Barat di Angka 4.272 Jiwa, Tapi Kemiskinan Menurun 0,54 Persen

Dan output pada sistem manajemen puskesmas yang sudah dilakukan oleh puskesmas selama ini, dan tentunya akreditasi sebagai evaluasi dan tindak lanjut puskesmas untuk lebih baik lagi, dan pada akhirnya masyarakat di Kecamatan Pagar Dewa dapat menjadi puskesmas pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan terhadap akses pelayanan kesehatan.

Diharapkan dengan bermutu dan berkualitasnya pelayanan di Puskesmas juga ini masyarakat tidak perlu untuk keluar wilayah guna mendapatkan pelayanan kesehatan

Lanjut Widiatmoko tahun ini Dinkes Lambar akan melaksanakan 11 Re-Akreditasi Puskesmas yaitu pada Puskesmas Kenali, Puskesmas Sekincau, Puskesmas Pagar Dewa, Puskesmas Sumberjaya, Puskesmas Pajar Bulan, Puskesmas Batu Tulis, Puskesmas Batu Brak, Puskesmas Srimulyo Puskesmas Liwa dan Puskesmas Buay Nyerupa. 

"Penilaian akreditasi Puskesmas penting dilakukan agar mutu dan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas menjadi lebih baik dan dari sebelumnya . Di samping itu penilaian akreditasi dapat memacu puskesmas untuk memenuhi standar pelayanan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: