Disporapar Lampung Barat Buka Pendaftaran Seleksi Pemuda Pelopor Tahun 2024

Disporapar Lampung Barat Buka Pendaftaran Seleksi Pemuda Pelopor Tahun 2024

Kabid Kepemudaan Disporapar Lampung Barat Eva Oktarina, S.Pd, M.M--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat membuka pendaftaran seleksi pemuda pelopor tingkat Kabupaten Lampung Barat tahun 2024 mulai 18 Maret sampai dengan 17 April tahun 2024. Sementara pelaksanaan seleksi tanggal 23 April sampai dengan 26 April 2024.

“Pendaftaran seleksi pemuda pelopor tingkat kabupaten ini telah kita buka mulai 18 Maret dan sejauh ini sudah ada sekitar 50 orang pemuda yang telah mendaftar,” ungkap Kabid Kepemudaan Eva Oktarina, S.Pd, M.M mendampingi Kepala Disporapar Drs. Dahlin, M.Pd, Kamis 28 Maret 2024.

Dijelaskannya, syarat dan ketentuan peserta yang berhak mendaftar seleksi pemuda pelopor yaitu pemuda asli Lampung Barat berusia 16 sampai dengan 30 tahun dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP), belum pernah memperoleh penghargaan kepeloporan tingkat nasional, serta memiliki karya nyata berkualitas di bidang kepeloporan nya dan dilaksanakan secara konsisten serta dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Syarat lainnya, lanjut Eva, yaitu melampirkan surat pengantar keikutsertaan seleksi pemuda pelopor dari kecamatan asal peserta.

BACA JUGA:6 ASN Purna Bakti, Kankemenag Lambar Gelar Pelepasan

“Jadi kegiatan seleksi pemuda pelopor tingkat kabupaten tahun 2024 ini sudah kita sosialisasikan ke tingkat kecamatan,” kata dia.

Masih kata Eva, ada lima kepeloporan bidang yaitu bidang SDA, lingkungan dan pariwisata, bidang teknologi, bidang agama, sosial dan budaya, bidang pendidikan dan bidang pangan.

“Untuk pelaksanaan seleksi akan dilaksanakan pada 23-26 April 2024 dan nanti ada 30 orang yang akan mengikuti seleksi dan karantina yang akan kita laksanakan di Wisma Sindalapai. Dari 30 orang itu, nantinya akan terpilih lima orang kepeloporan terbaik yang akan dikirim mengikuti seleksi pada tingkat provinsi untuk mengikuti seleksi pemuda pelopor tingkat nasional,” jelas Eva.

Seraya menambahkan, lima orang kepeloporan terbaik itu rinciannya satu orang kepeloporan bidang SDA, lingkungan dan pariwisata, satu orang kepeloporan bidang teknologi, satu orang kepeloporan bidang agama, sosial dan budaya, satu orang kepeloporan bidang pendidikan dan satu orang lagi kepeloporan bidang pangan.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Komoditas Pangan di Lampung Barat Kompak Turun

“Lima orang kepeloporan terbaik tingkat kabupaten itu nanti akan mendapatkan hadiah berupa dana pembinaan sebesar Rp5.000.000 per orang dan harus mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi pada tingkat provinsi,” pungkas dia. 

Ia berharap dari lima kepeloporan tersebut semua berasal dari Kabupaten Lampung Barat karena kedepannya akan meningkatkan indek pembangunan pemuda di Kabupaten Lampung Barat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: