Jelang Ramadhan, Rutan Krui Razia Kamar Hunian

Jelang Ramadhan, Rutan Krui Razia Kamar Hunian

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Menjelang bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar kegiatan salam pemasyarakatan sekaligus melakukan razia kamar hunian dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan setempat pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Kepala Rutan Kelas IIB Krui, Fajar Ferdinan, A.Md.IP, S.H, M.H., melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), Jonli Oswan, S.H., mengatakan, sebagai upaya pencegahan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Rutan Krui. Terlebih sebentar lagi akan memasuki bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

“Kegiatan ini merupakan salam pemasyarakatan kepada WBP. Karena itu kita juga mengimbau WBP agar selama bulan Ramadhan nanti lebih meningkatkan ibadahnya,” katanya.

Ditambahkannya, semua WBP terutama bagi umat muslim yang akan menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan agar benar-benar maksimal, baik melaksanakan ibadah puasa, ibadah sholat lima waktu, kegiatan tadarus Al-Qur’an, tarawih, dan kegiatan ibadah lainnya, sehingga kedatangan bulan Ramadhan tahun ini dapat memberikan hidayah bagi WBP untuk kembali kejalan yang benar dan lebih baik lagi.

BACA JUGA:Pohon Tumbang Sempat Sebabkan Kemacetan di Jalan Liwa-Krui

BACA JUGA:Kadisdikbud Apresiasi Kemeriahan FLS2N dan KOSN SD Kecamatan Gedung Surian

“Kita berharap momen Ramadhan tahun ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh seluruh WBP di Rutan Krui ini,” jelasnya.

Sementara itu, kata dia, untuk pelaksanaan razia kamar hunian dan juga WBP tersebut tentu dilakukan seperti biasanya dengan melakukan penggeledahan dan pemeriksaan semua barang-barang warga binaan, terutama barang yang dibawa berlebih oleh warga binaan seperti baju, celana, handuk dan sebagainya. 

Karena, dengan membawa barang berlebih di dalam kamar hunian itu jelas dikhawatirkan akan berdampak terhadap lingkungan di dalam kamar hunian, baik dampak kesehatan maupun lainnya.

“Dalam razia itu tidak ditemukan barang terlarang seperti Handphone dan Narkoba. Kita tetap mengimbau warga binaan agar tetap menjaga kebersihan kamar hunian dan kondusifitas di dalam Rutan ini,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: