Waspada! Harimau Sumatera Dekati Kawasan Pemukiman di Bangkunat

Waspada! Harimau Sumatera Dekati Kawasan Pemukiman di Bangkunat

Harimau Sumatera sering terlihat di sekitar Pekon Pemerihan Bangkunat--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Masyarakat yang tinggal di sekitaran kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) dan juga Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) wilayah Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) diimbau untuk tetap waspada dengan adanya kemunculan harimau sumatera yang ada di kawasan tersebut.

Humas Balai Besar TNBBS, Decis Maroba, mengatakan, memang berdasarkan laporan dari masyarakat bahwa, harimau sumatera sering terlihat di sekitar Kilometer (Km) 17-20 Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat. 

Dengan adanya laporan masyarakat itu, pada Rabu 6 Maret 2024 sekitar pukul 21.00 WIB, petugas dan juga masyarakat Mitra Polhut (MPP) TNBBS di resort Pemerihan melaksanakan kegiatan patroli malam ke arah Kilometer (KM) 20 Tanjakan Mayit ruas jalan lintas barat (jalinbar) Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat.

“Kegiatan patroli tersebut untuk melakukan pengamanan kawasan hutan dan pemantauan harimau sumatera yang menurut laporan masyarakat sering terlihat di wilayah tersebut,” kata dia, Kamis 7 Maret 2024.

BACA JUGA:Tingkatkan Kecakapan Personel, Sat Reskrim Polres Way Kanan Gelar Pelatihan Olah TKP

BACA JUGA:Berjalan Mulus, Pleno Hasil Pemilu Lampung Barat Tingkat Provinsi Tanpa Catatan

Dijelaskannya, dalam kegiatan patroli saat itu, tim tidak menemukan indikasi terjadi tindakan pelanggaran pada wilayah yang dilakukan patroli. 

Selain itu Resort Pemerihan juga tidak menerima adanya laporan tentang harimau sumatera yang terlihat oleh masyarakat. 

Sehingga, karena situasi aman, sekitar pukul 22.15 WIB  tim memutuskan untuk kembali ke kantor Resort Pemerihan.

“Namun, dalam perjalanan pulang sambil mengamati situasi di tepi kawasan hutan TNBBS, sekitar pukul 22.30 Wib tim dikagetkan oleh seekor harimau sumatera,” jelasnya.

BACA JUGA:Menyambut Semangat Ramadhan, Diskopdag Lampung Barat akan Gelar Pasar Bedug

BACA JUGA:Abaikan Imbauan Satlantas, Truk Fuso Terguling di Lokasi Longsor Jalan Liwa-Krui

Lanjutnya, kemunculan harimau sumatera itu melompat dari kawasan HPT Pesbar masuk ke kawasan hutan TNBBS yang dipisahkan oleh ruas jalinbar Sanggi-Bengkunat. 

Lokasi kejadian itu berjarak sekitar sekitar 10 meter dari rumah Sumpeno, warga Pemerihan, Kecamatan Bangkunat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: