Aparat Pekon Turut Semangati Pelaksanaan Posyandu Balita

Aparat Pekon Turut Semangati Pelaksanaan Posyandu Balita

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Petugas medis Pekon Sukadamai, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat yang tergabung dari bidan desa, perawat pekon dan kader posyandu melaksanakan rutinitas bulanan yakni pemberian imunisasi balita. Senin 4 Maret 2024.

Menariknya dalam kegiatan rutin itu dilaksanakan cukup seru pasalnya aparatur pemerintah pekon ikut dalam memberikan bantuan seperti halnya support dan motivasi kepada warga. 

Bahkan tidak sedikit aparat pekon yang memanfaatkan momen seperti halnya dengan melakukan pemeriksaan tensi darah sehingga pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan cukup bervariasi. 

Aparatur pekon setempat Bambang mendampingi PJ Peratin Tri Wedarti S.E, menyampaikan sekarang ini masyarakat sudah memahami pentingnya akan imunisasi kepada anak-anak hal itu tentunya sebagai salah satu upaya dalam menjaga kesehatan anak agar tumbuh kembang dengan baik.

BACA JUGA:Penerapan Mapel TIK, SMPN 2 Kebun Tebu Usulkan Bantuan Perangkat Belajar

"Alhamdulillah warga sangat memperhatikan sektor kesehatan seperti halnya dalam upaya pemberian imunisasi kepada anak masing-masing guna tumbuh kembang tapi halnya peningkatan imun dan utamanya salah satu langkah dalam mencegah masalah stunting yang menjadi salah satu program pemerintah," katanya. 

Pihaknya juga menyampaikan jika petugas kesehatan pekan bukan hanya melakukan imunisasi kepada anak-anak melainkan juga memberikan edukasi terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) diantaranya dalam pemberian asupan makanan kepada anak-anak yang diarahkan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Dengan memberikan pemahaman juga bahwasanya makanan yang bergizi bukan berarti yang bernilai tinggi melainkan dapat memanfaatkan kearifan lokal seperti halnya tanaman yang dikembangkan di rumah ataupun perkebunan. 

"Ya menariknya kegiatan posyandu yang menjadi rutinitas ini juga menjadi wadah warga dalam bersilaturahmi dan bertukar pengalaman serta sarana pihak medis dalam memberikan edukasi tentang kesehatan baik bidang PHBS maupun terhadap potensi penyakit yang mudah menyakiti akibat faktor cuaca," jelasnya.

BACA JUGA:Pemkab Lampung Barat Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten Tahun 2024

Oleh karena itu pihak pekon juga memanfaatkan situasi tersebut untuk dapat memberikan peran terutama dalam membantu petugas kepada warga sehingga masyarakat Pekon Sukadamai menjadi masyarakat yang sehat jasmani dan rohani.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: