Wakapolda Lampung Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Krakatau Jelang Idul Fitri

Wakapolda Lampung Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Krakatau Jelang Idul Fitri

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menjelang Idul Fitri 1445 H tahun 2024 Polda Lampung menggelar Operasi Keselamatan Krakatau guna menciptakan ketertiban lalu lintas dan meningkatkan Keselamatan berlalu lintas.

Polda Lampung melakukan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Mako Polda Lampung, Sabtu,2 Maret 2024. 

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Waka Polda Lampung, Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan.

Tercatat sebanyak 745 personil, terdiri dari Satgas Ops Polda dan Satgas Ops Polres/ta jajaran, dikerahkan untuk menjalankan operasi ini.

BACA JUGA:Soal Dokumen Banyak Rusak Akibat Banjir, Wali Kota Perintahkan Ini ke Disdukcapil dan Disdikbud

Waka Polda Lampung, Brigjen Ahmad Ramadhan, mengatakan tujuan operasi ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dengan harapan dapat mengurangi angka fatalitas korban laka lantas dan pelanggaran lalu lintas. 

"Kami ingin membangun budaya tertib lalu lintas bagi masyarakat pengguna jalan demi menciptakan situasi kamseltibcarlantas yang kondusif," ungkapnya.

Lanjutnya, untuk cara bertindak yang dilakukan oleh Polda Lampung dalam Ops. Keselamatan 2024 yakni dengan melaksanakan deteksi dini, lidik, dan pemetaan terhadap lokasi/rawan macet, pelanggaran, dan laka lantas.

Selain itu dilakukan juga binluh kepada masyarakat tentang kamseltibcarlantas melalui kegiatan sosialisasi, penyuluhan, pemasangan spanduk, banner, baliho, serta penyebaran leaflet dan stiker melalui media cetak, elektronik, dan media sosial.

BACA JUGA:Aipda Septa Jadi Korban Lakalantas di Pelabuhan Bakauheni Saat Bertugas, Kapolda Lampung: Dia Pahlawan

Ia juga menegaskan, petugas akan selalu melakukan patroli rutin di titik-titik rawan.

"Petugas dari masing-masing Polres ataupun Polresta akan selalu melakukan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet, laka, dan pelanggaran lalu lintas," ungkapnya.

Selain itu penegakan hukum juga masih agak diterapkan dalam Operasi keselamatan ini, yaitu rilang elektronik (ETLE Statis dan Mobile) serta blangko teguran secara simpatik terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas, dengan 5 prioritas pelanggaran.

Dari 745 personil Yang terlibat dalam Ops Keselamatan Krakatau-2024, terdiri dari Satgas Ops Polda 141 Personil dan Satgas Ops Polres/ta jajaran 604 Personil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: