Persediaan Menipis, Tiket KA Rajabasa untuk Mudik Lebaran Keberangkatan 6 April Sudah 90 Persen Terjual

Persediaan Menipis, Tiket KA Rajabasa untuk Mudik Lebaran Keberangkatan 6 April Sudah 90 Persen Terjual

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang telah mulai melakukan penjualan tiket KA Rajabasa relasi Tanjungkarang-Kertapati (PP) sejak 15 Februari 2024 yang lalu.

Adapun, saat melakukan wawancara dengan Manager Humas KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang Azhar Zaki Assjari iya mengatakan update hingga 22 Februari 2024 pukul 14.40 WIB untuk tiket KA Rajabasa keberangkatan mudik Lebaran 31 Maret s.d 7 April baru terjual 2.887 tempat duduk atau 12,38% dari jumlah tempat duduk yang memang tersedia.

“Masih banyaknya tempat duduk yang tersedia dikarenakan pemesanan tiket kereta api Lebaran baru bisa dipesan hingga 7 April saja terhitung tanggal hari ini sesuai ketentuan pemesanan tiket yaitu H-45. Untuk jumlah nya pasti akan terus meningkat karena penjualan masih berlangsung,” ungkap Zaki.

Zaki juga menambahkan, KAI Divre IV Tanjungkarang menyediakan 23.320 tempat duduk pada KA Rajabasa di periode angkutan Lebaran 2024 yang akan berlangsung pada 31 Maret s.d 21 April atau H-10 s.d H+10 Lebaran mendatang dengan rata-rata 1.060 kursi per harinya.

BACA JUGA:Dampak Kenaikan Harga Bahan Pokok, Polresta Bandar Lampung Gelar Baksos di Slum Area

Adapun kereta lainnya yang akan dioperasikan yaitu KA Kuala Stabas dengan total 28.160 tempat duduk atau sekitar 1.280 kursi per harinya namun baru dapat dipesan mulai H-7 sebelum jadwal keberangkatan.

“Untuk tanggal favorit keberangkatan pada arus mudik Lebaran diperkirakan akan terjadi pada 6 dan 7 April 2024 atau H-4 dan H-3 Lebaran. Hingga kini, penjualan pada kedua tanggal tersebut sudah mencapai 90% di tanggal 6 April dan 70% di tanggal 7 April dari tempat duduk yang KAI Divre IV Tanjungkarang sediakan,"ucap Zaki.

"Kami selalu menghimbau agar pelanggan bisa segera memanfaatkan kesempatan atas ketentuan pemesanan tiket kereta api yang dapat dilakukan H-45 Lebaran yang artinya tiket KA Rajabasa pada kedua tanggal keberangkatan favorit tersebut sudah bisa dipesan sejak hari ini juga. Jadi jangan sampai kehabisan tiket untuk tanggal-tanggal keberangkatan favorit, ayo segera pesan di Access by KAI,” tambah Zaki.

Zaki pun menjelaskan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, KAI sendiri kini menerapkan sistem antrian saat pembelian tiket kereta api jarak jauh.

BACA JUGA:Rumah Kosong Dijadikan Base Camp, Polresta Bandar Lampung Amankan 17 Remaja dan Sita 5 Senjata Tajam

Sistem antrian tersebut diberlakukan pada aplikasi Access by KAI dan web kai.id agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada saat-saat season seperti musim Lebaran ini.

“Saat melakukan pemesanan tiket calon penumpang padat, pembeli akan diarahkan kepada sistem antrian yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu. Calon penumpang pun disarankan untuk tidak menutup window tersebut agar tetap terhubung dengan sistem. Selanjutnya pada saat gilirannya, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa. Kami terus mengimbau agar pelanggan teliti dalam memasukkan tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri ketika melakukan pemesanan tiket,” tutup Zaki.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: