Beredar Info Caleg Terpilih di 5 Dapil, Bawaslu Lambar Imbau Masyarakat Tunggu Pleno KPU

Beredar Info Caleg Terpilih di 5 Dapil, Bawaslu Lambar Imbau Masyarakat Tunggu Pleno KPU

Ketua Bawaslu Lampung Barat Novri Jonestama, S.Sos, MM--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Barat terus mengawal dan mengawasi tahapan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 mulai saat penghitungan di TPS hingga saat ini pleno di tingkat PPK.

Berbagai upaya dilakukan jajaran Bawaslu, seperti melakukan pencegahan, melakukan analisis terhadap hasil rekapitulasi di TPS hingga memberikan saran perbaikan kepada penyelenggara Pemilu, Senin 19 Februari 2024.

Ketua Bawaslu Lampung Barat Novri Jonestama, S.Sos, MM., mengatakan, pihaknya untuk saat ini memprioritaskan pengawasan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu di tingkat PPK. 

Ia juga meminta masyarakat memantau hasil rekapitulasi pemilu pada situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), http://pemilu2024.kpu.go.id.

BACA JUGA:Peringatan Isra Mi’raj di Pekon Sri Menanti Dihadiri Ketua PCNU Lambar

BACA JUGA:Jaga Kondisi Kesehatan Petugas Pleno Rekapitulasi Suara, Puskesmas Batu Kebayan Berikan Yankes

"Saya mengingatkan peserta pemilu dan masyarakat untuk bersabar menunggu hasil rekapitulasi suara yang dilaksanakan KPU Kabupaten Lampung Barat. Saat ini keterbukaan informasi pemilu semakin meningkat, masyarakat dapat melihat C Hasil Salinan di tempat-tempat strategis maupun pada laman KPU, jika menemukan kejanggalan silahkan laporkan kepada kami di Bawaslu hingga jajaran tingkat desa," ungkap Novri Jonestama.

Terusnya, informasi yang beredar mengenai hasil rekapitulasi suara dengan caleg yang berhasil lolos pada 5 daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Lampung Barat di grup-grup whatsapp, belum dapat dipastikan kebenarannya.

"Informasi tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya. Sebab, rekapitulasi yang dilakukan teman-teman KPU dan jajarannya itu berjenjang, saat ini masih berlangsung di PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) hingga nanti pleno penetapan di tingkat Kabupaten," jelasnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar peserta pemilu, tim sukses, relawan dan masyarakat untuk tidak kembali menyebarluaskan informasi yang belum jelas sumber dan kebenarannya.

BACA JUGA:Lalu Lintas Liwa-Krui Sudah Lancar, BPJN Upayakan Penanganan Permanen Bulan Ini Tidak Molor

BACA JUGA:Lampung Barat Terima 8 Dokter Gigi Internship dari UNSRI, Bertugas 6 Bulan di Tiga Wahana

"Karena akan terjadi misinformasi di masyarakat maupun peserta pemilu, hingga nantinya dikhawatirkan terjadi dinamika saat penetapan dari KPU Lampung Barat," tegas Jones.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk bersabar dan terus memantau pergerakan suara di setiap kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: