Material Longsor di Jalan Liwa-Krui Kembali Turun, BPJN Langsung Operasikan Alat Berat

Material Longsor di Jalan Liwa-Krui Kembali Turun, BPJN Langsung Operasikan Alat Berat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Lampung Barat kembali mengakibatkan longsor di Kilometer 17 Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Jumat 16 Februari 2024 sekitar pukul 16.00 WIB.

Meski volume material longsor tidak besar, namun kondisi itu cukup mengganggu kelancaran lalu lintas terutama bagi kendaraan roda roda empat (R4) dan R6 karena badan jalan hanya dapat dilalui satu jalur. 

Mendapat informasi itu, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung Satker wilayah II Lampung memastikan segera mengoperasikan alat berat yang standby di lokasi tersebut.

Koordinator Lapangan Rusmadi Gani, S.T., M.T, mengatakan pihaknya telah meminta operator alat berat untuk segera ke lokasi membersihkan longsor tersebut.

BACA JUGA:Tim Jitupasna Pesbar Serahkan Bantuan Buffer Stock dan Sembako

BACA JUGA:Diskes Pesisir Barat Catat 16 Penyelenggara Pemilu dan Pemilih Sakit

“Untuk volumenya tidak besar, jadi bisa kita tangani dengan cepat. Karena alat berat memang standby di lokasi,” ucapnya.

Dikatakannya, untuk tetap menjaga kelancaran lalu lintas, dua unit alat berat telah selesai membersihkan material longsor yang mempersempit badan jalan sehingga kendaraan tidak terganggu lain oleh penumpukan material di bahu jalan.

“Karena terus dilanda hujan, alat berat tetap kami standby-kan di lokasi longsor. Agar jika sewaktu-waktu terjadi longsor seperti yang terjadi sekarang maka penanganan bisa dilakukan dengan cepat,” kata Rusmadi.

Apalagi, kata dia, mobilitas kendaraan di jalur Liwa-Krui cukup tinggi sehingga sebisa mungkin pihaknya terus melakukan perbaikan untuk menjamin keamanan dan kelancaran lalu lintas jalan.

BACA JUGA:Dukung Sekolah Kopi, Pemkab Lampung Barat akan Bangun Fasilitas Umum

BACA JUGA:Pemilu Sudah Usai, Masyarakat Diajak Tetap Jaga Silaturahmi dan Kerukunan

Sementara, ditambahkan Kasat Lantas Iptu David Pulner, S.H, mendampingi Kapolres AKBP Ryky Widya Muharam, S.I.K, mengimbau ditengah kondisi cuaca hujan yang masih berlangsung saat ini, para pengguna jalan di jalur Liwa-Krui diminta tetap waspada. 

Sebab, jalur tersebut merupakan akses penghubung antar kabupaten sehingga volume kendaraan cukup padat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: