Dukung Sekolah Kopi, Pemkab Lampung Barat akan Bangun Fasilitas Umum

Dukung Sekolah Kopi, Pemkab Lampung Barat akan Bangun Fasilitas Umum

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lambar Yudha Setiawan--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka mendukung sekolah kopi di Pekon Sukajaya Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) tahun ini akan menambah sarana atau fasilitas umum berupa mushola.

“Tahun ini kita akan membangun fasilitas umum berupa mushola di Sekolah Kopi dan anggarannya bersumber dari APBD Lampung Barat tahun 2024,” ungkap Kepala Disbunnak Lampung Barat Yudha Setiawan, S.I.P,  Jumat 16 Februari 2024.     

Dijelaskannya, pemerintah daerah secara bertahap telah menyediakan sarana dan prasarana di Sekolah Kopi, seperti halnya sarana meubelair, kedai, gazebo, aula, Guest House, nomenklatur, alat proyektor, peralatan seduh kopi dan talud serta pembangunan jalan.

“Untuk fasilitas di Sekolah Kopi saat ini sebenarnya belum lengkap. Jika ingin lengkap harus ditambah seperti rumah jaga, ruang/rumah pojok literasi, rumah mesin roasting, videotron serta pondok inap untuk peserta pelatihan,” kata dia  

BACA JUGA:Pemilu Sudah Usai, Masyarakat Diajak Tetap Jaga Silaturahmi dan Kerukunan

BACA JUGA:Usai Pemungutan Suara, Tim Dokkes Polres Lampung Barat Periksa Kesehatan Para Petugas PPK dan PPS

Manfaat pembangunan sekolah kopi, lanjut Yudha, selain sebagai upaya peningkatan pengetahuan petani kopi, juga sebagai upaya untuk menggerakan pariwisata perkebunan kopi, serta pusat informasi kopi robusta Lampung Barat.

“Jadi sekolah kopi ini bukan hanya tempat pelatihan bagi petani dan remaja, akan tetapi banyak yang diharapkan dengan adanya keberadaan sekolah kopi. Artinya memiliki banyak manfaat baik dari segi perekonomian maupun kesejahteraan petani,” ujar dia

Masih kata dia, keberadaan sekolah kopi bukan hanya semata-mata hanya sebagai tempat pelatihan petani dan masyarakat saja akan tetapi sebagai etalase kopi robusta di Kabupaten Lampung Barat, terlebih Kabupaten Lampung Barat merupakan daerah penghasil kopi robusta terbesar di Provinsi Lampung.

“Dengan adanya sekolah kopi ini diharapkan menjadi pusat penelitian, pelatihan, dan edukasi komoditas kopi dan juga diharapkan menjadi sarana promosi kopi dan turunannya, serta mengembangkan potensi pariwisata guna mewujudkan kesejahteraan petani dan penggiat kopi di Kabupaten Lampung Barat,” pungkas dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: