Pemkab Pesisir Barat Gelar Forum Komunikasi Publik, Bahas Penyusunan Rencana Awal RKPD 2025

Pemkab Pesisir Barat Gelar Forum Komunikasi Publik, Bahas Penyusunan Rencana Awal RKPD 2025

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda), melaksanakan forum konsultasi publik penyusunan rencana awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 bertempat di Aula Sunset Beach, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu 7 Februari 2024.

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Zukri Amin, M.P., Kepala BPS Lambar Nasrullah Arsyad., Kepala Bapelitbangda Pesbar, Syaifullah, S.Pi., sejumlah kepala OPD, camat dan peserta forum konsultasi publik.

Dalam kesempatan itu, Zukri Amin mengatakan, forum konsultasi publik itu merupakan salah satu tahapan dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Pesbar tahun 2025.

“Sebagaimana kita pahami bersama, bahwa proses penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran dimulai satu tahun sebelum dilaksanakan. Sehingga pada awal tahun 2024 ini kita sudah memulai proses perencanaan untuk tahun 2025 mendatang,” kata dia.

BACA JUGA:Kherlani Dikabarkan Akan Maju di Pilkada Pesisir Barat 2024

BACA JUGA:Sejumlah Ruas Jalan di BNS-Suoh Bakal Ditangani

Dijelaskannya, RKPD tahun 2025 adalah tahun ke-empat dalam pelaksanaan RPJMD tahun 2021-2026, diharapkan tahun mendatang merupakan keberlanjutan dari pelaksanaan pembangunan tahun 2025 dalam upaya pencapaian visi terwujudnya pesisir barat yang amanah, maju dan sejahtera.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan tahun depan mulai kita siapkan sejak tahun ini, karena itu diharapkan melalui kegiatan seperti ini dapat melanjutkan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Menurutnya, Proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan secara bersama-sama antara seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan sehingga dapat tercipta sinkronisasi antara dokumen rancangan awal RKPD dengan rancangan awal Renja.

“Dalam kaitannya dengan sinergitas antara perencanaan pembangunan nasional, provinsi dan kabupaten serta menjamin terpenuhinya pembangunan di masyarakat yang tepat sasaran,” terangnya.

BACA JUGA:PMI Lampung Barat Gelar Bakti Sosial Cek Golongan Darah di SMAN 1 Air Hitam

BACA JUGA:Padang Dalom Dilaunching Jadi Pekon Pelopor Pemilu Damai

Ditambahkannya, harus menjadi perhatian dalam proses perencanaan pembangunan, bahwa program, kegiatan dan sub kegiatan perangkat daerah harus memperhatikan, Pencapaian visi dan misi RPJMD, pencapaian indikator kinerja Renstra, pemenuhan belanja standar pelayanan minimal, pemenuhan mandatory spending dalam upaya sinergitas pencapaian program prioritas nasional dan provinsi

“Saya berharap, forum ini dapat menjadi forum diskusi antar pemangku kepentingan untuk memperkaya dan menyempurnakan rancangan awal RKPD Kabupaten Pesbar tahun 2025,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: