Stok Beras CPP Pesisir Barat Masih Aman

Stok Beras CPP Pesisir Barat Masih Aman

Bantuan Beras CPP--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Ketahanan pangan dan pertanian (DKPP), mencatat hingga kini jumlah beras cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) di gudang Bulog mencapai 33,8 ton.

Kabid Ketersediaan Pangan, Redi Destian, mendampingi Kadis KPP Pesbar, Unzir, S.P., mengatakan hingga kini Pemkab Pesbar masih memiliki beras CPP yang tersimpan di gudang bulog, keberadaan beras CPP itu hanya dapat digunakan jika dalam keadaan darurat.

“Kita miliki 33,8 ton beras CPP yang disimpan di gudang Bulog, beras itu hanya bisa digunakan jika dalam kondisi darurat, seperti bencana, harga beras melambung tinggi dan krisis pangan,” kata dia.

Dijelaskannya, ketersediaan beras CPP itu harus ada setiap tahun, karena itu pihaknya terus mengupayakan agar ketersediaan beras CPP setiap tahun tetap tersedia, jika tahun ini jumlah stok beras CPP berkurang maka tahun berikutnya disiapkan anggaran tambahannya.

BACA JUGA:Lunas PBB 2023, Sejumlah Pekon dan Kecamatan di Pesisir Barat Raih Penghargaan

BACA JUGA:Awal 2024, Lima Warga Pesisir Barat Berangkat Jadi PMI

“Tapi, kalau jumlah beras itu tidak berkurang, maka kita tidak menyiapkan anggaran untuk penambahan, jumlah beras yang ada di gudang bulog disesuaikan dengan harga beras terbaru,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam memaksimalkan ketersediaan beras CPP, pemerintah pusat tahun ini kembali menyiapkan bantuan beras CPP, dalam rangka mengendalikan harga beras agar tetap stabil dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Tahun ini melalui beras CPP yang disiapkan pemerintah pusat, Bapanas akan melaksanakan penyaluran bantuan beras CPP untuk ribuan masyarakat yang ada di Kabupaten Pesbar,” ujarnya.

Pihaknya memastikan, ketersediaan beras CPP daerah hingga kini masih aman, jika terjadi kerawanan pangan di Kabupaten Pesbar baik karena bencana, kenaikan harga beras dan lainnya pihaknya siap memanfaatkan beras CPP itu.

BACA JUGA:Pimpin Musrenbang Kecamatan Suoh-BNS, Nukman Tekankan Usulan Prioritas Kebutuhan Dasar Masyarakat

BACA JUGA:Pesisir Barat Tambah 3 Pekon Baru, Peresmian dan Pelantikan Pj Peratin Dilaksanakan Jumat

“Sejauh ini masih aman, beras CPP milik Pemkab Pesbar belum tersentuh, jadi kalau memang mendesak kita siap memanfaatkan beras CPP itu untuk masyarakat,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: