Awal 2024, Lima Warga Pesisir Barat Berangkat Jadi PMI

Awal 2024, Lima Warga Pesisir Barat Berangkat Jadi PMI

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan Perindustrian (DT2KP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mencatat pada Januari 2024 terdapat Lima orang warga telah terdaftar menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di sejumlah negara.

Kadis T2KP Pesbar, Mirza Sahri, mengatakan, di awal tahun 2024 pihaknya mencatat lima orang warga Pesbar yang terdaftar sebagai PMI di sejumlah negara tujuan yang ada di benua asia.

“Negara Taiwan dan Malaysia masih menjadi favorit para PMI asal Kabupaten Pesbar, saat ini kelima PMI itu sedang mengurus persyaratan proses penerbitan surat pemberangkatan ke luar negeri,” kata dia.

Dijelaskannya, negara tujuan kelima PMI itu yakni, seperti Malaysia dua orang, Taiwan satu, Singapura satu dan Hongkong satu orang. 

BACA JUGA:Pimpin Musrenbang Kecamatan Suoh-BNS, Nukman Tekankan Usulan Prioritas Kebutuhan Dasar Masyarakat

BACA JUGA:Pesisir Barat Tambah 3 Pekon Baru, Peresmian dan Pelantikan Pj Peratin Dilaksanakan Jumat

Kini minat masyarakat Pesbar untuk menjadi PMI cukup tinggi.

“Minat masyarakat Pesbar untuk bekerja sebagai PMI setiap tahun terus menunjukkan angka peningkatan. Hal ini terjadi karena motivasi masyarakat untuk memperbaiki perekonomian keluarga,” jelasnya.

Menurutnya, motivasi itu tidak salah asalkan masyarakat yang hendak bekerja menjadi TKI menggunakan jalur resmi. Hal itu untuk kebaikan para pekerja itu sendiri agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

“Kami terus mengimbau masyarakat yang akan berangkat keluar negeri agar menggunakan jalur resmi, sehingga terdata dan bisa dipantau oleh pemerintah,” terangnya.

BACA JUGA:Puluhan Peserta Didik TK Negeri 2 Sukau Ikuti Simulasi Manasik Haji

BACA JUGA:Kejahatan Modus Hipnotis Terjadi di Lampung Barat, Polisi Buru Pelaku

Menurutnya, pada tahun ini jumlah warga yang mendaftar sebagai PMI diperkirakan akan meningkat, karena pihaknya siap memberikan rekomendasi kepada warga yang akan berangkat menjadi PMI.

“Kalau semua persyaratan yang dibutuhkan lengkap, kita siap mengeluarkan rekomendasi bagi masyarakat Pesbar yang akan menjadi PMI, dan juga berangkat melalui jalur resmi,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: