Pimpin Musrenbang Kecamatan Suoh-BNS, Nukman Tekankan Usulan Prioritas Kebutuhan Dasar Masyarakat

Pimpin Musrenbang Kecamatan Suoh-BNS, Nukman Tekankan Usulan Prioritas Kebutuhan Dasar Masyarakat

--

Kemudian, ia menjelaskan total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Barat tahun 2024 sebesar Rp1,09 triliun, mengalami kenaikan sebesar Rp116,45 miliar dibanding tahun 2023 sebesar Rp980,33 miliar. 

BACA JUGA:Kejahatan Modus Hipnotis Terjadi di Lampung Barat, Polisi Buru Pelaku

"Pengelolaan dana APBD Kabupaten Lampung Barat tahun 2024 sebagian harus dialokasikan untuk pembayaran formasi PPPK sebesar Rp14,65 miliar, hibah pilkada kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu sebesar Rp21,83 miliar dan pembayaran pinjaman pokok dan bunga PEN sebesar Rp17,9 miliar," jelasnya.

Sehingga distribusi untuk pembangunan sarana dan prasarana fisik di masing-masing kecamatan sedikit berkurang. Proyeksi total anggaran dalam RKPD 2025 direncanakan sebesar Rp1,15 triliun.

"Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2023 untuk alokasi dana pekon tahun 2024 sebesar Rp114 miliar lebih mengalami kenaikan sebesar Rp547 juta dibanding tahun 2023," tuturnya.

Orang nomor satu di Lampung Barat itu, menekankan kepada camat, peratin, dan lurah harus mampu mengoptimalkan peruntukan dana tersebut guna mendukung kemajuan pekon serta kelurahan.

BACA JUGA:Kecamatan Way Tenong dan Sekincau Lakukan Persiapan Jelang Musrenbang

"Mensukseskan pelaksanaan kegiatan pembangunan yang ada di wilayah masing masing, baik yang bersumber pada dana pekon maupun APBD Kabupaten, agar dapat diselesaikan tepat waktu, berkualitas, tepat sasaran dan bermanfaat," pintanya.

Terakhir, dirinya meminta dalam proses menyusun RKPD tahun 2025, perangkat daerah untuk mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur, dengan demikian diharapkan penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2025 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta menjawab isu-isu strategis yang ada serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah.

"Untuk itu dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, diskusi, serta proses yang harus kita lalui, termasuk agenda pada hari ini yaitu musyawarah perencanaan pembangunan RKPD tahun 2025," pungkasnya.

Sementara, salah satu Tokoh Masyarakat Kecamatan Suoh, Gunawan menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, menurutnya selama ini masyarakat Kecamatan Suoh sudah merasakan langsung dampak positif terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. 

BACA JUGA:Truk Fuso Terperosok di Jalan Liwa-Krui Selesai Dievakuasi, Lalu Lintas Kembali Lancar

"Kami masyarakat Kecamatan Suoh menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat atas perhatiannya selama ini. Namun karena ini kegiatannya Musrenbang dimana memang wadahnya untuk menyampaikan usulan tentu kami masyarakat Kecamatan Suoh berharap agar kedepannya perbaikan jembatan hingga infrastruktur jalan agar terus dilanjutkan," kata dia.

Hal senada disampaikan Tokoh Masyarakat Kecamatan BNS, Sadikin. Dirinya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang sudah melakukan pembangunan di Kecamatan BNS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: