Dinas PMP Pesisir Barat Minta Pekon Siapkan Pengajuan Dana Desa Tahap Pertama

Dinas PMP Pesisir Barat Minta Pekon Siapkan Pengajuan Dana Desa Tahap Pertama

Ilustrasi Dana Desa--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), minta seluruh pekon di kabupaten setempat mulai mempersiapkan pengajuan anggaran dana desa (DD) tahap pertama tahun 2024.

Kabid Kelembagaan dan Pemerintahan Pekon Nora Elisa mendampingi Plt. Kadis DPMP Pesbar Suwarti, S.H., mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Kasi Pemerintahan dan Ketua Apdesi di seluruh kecamatan di kabupaten tersebut.

“Kita telah mengimbau seluruh pekon melalui Kasi Pemerintahan di masing-masing kecamatan dan seluruh ketua Apdesi, hal itu agar pekon dapat segera mempersiapkan pengajuan anggaran DD tahap pertama,” kata dia.

Dijelaskannya, imbauan itu disampaikan agar mulai sekarang pekon mempersiapkan untuk pengajuan DD tahap pertama, sehingga saat anggaran tersedia pekon tinggal memasukkan pengajuan dan melakukan serapan.

BACA JUGA:DT2KP Pesisir Barat Akan Kembangkan Industri Batik

BACA JUGA:Diklat ASN, M. Yusuf Tekankan Pemahaman Moderasi Beragama

“Jika pengajuan sudah siap dan anggaran DD sudah tersedia, maka pekon bisa langsung melakukan serapan, hal itu karena berkas pengajuan yang dibutuhkan sudah tersedia,” jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, masih ada pekon yang baru mempersiapkan berkas pengajuan saat ada informasi terkait anggaran DD sudah bisa diserap.

“Kita tidak ingin ada lagi pekon yang lamban dalam melakukan serapan anggaran itu, karena akan berdampak pada kegiatan di setiap pekon yang telah disiapkan,” terangnya.

Selain itu, saat ini Peraturan Bupati (Perbup) tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2024 sudah terbit dan akan langsung diteruskan ke seluruh pekon.

BACA JUGA:Tanggulangi Wabah DBD, Puskesmas Buay Nyerupa Lakukan Fogging

BACA JUGA:Momen Musrenbang, PMI Kecamatan Air Hitam Cek Golongan Darah 200 Masyarakat

“Kami berharap pekon segera menyusun APBdes dan mempersiapkan pengajuan anggaran DD tahap pertama, sehingga saat anggaran tersedia pekon sudah siap, serta dapat memaksimalkan penggunaan anggaran itu,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: