Momen Musrenbang, PMI Kecamatan Air Hitam Cek Golongan Darah 200 Masyarakat

Momen Musrenbang, PMI Kecamatan Air Hitam Cek Golongan Darah 200 Masyarakat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat menggelar pemeriksaan golongan darah secara gratis pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan tahun 2024 yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Bima Sakti Motor (BSM) Pekon Sumber Alam Kecamatan Air Hitam, Selasa 30 Januari 2024.

“PMI Kecamatan Air Hitam menyiapkan kuota sebanyak 200 orang untuk pemeriksaan golongan darah ini. Ini gratis, hanya syaratnya membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) guna mendata dari pekon mana yang melakukan pemeriksaan golongan darah itu dan kita masukkan ke database sekaligus golongan darahnya,” tegas Ketua PMI Kecamatan Air Hitam Angga, Selasa 30 Januari 2024

Menurut dia, pemeriksaan golongan darah ini penting untuk dilakukan jika suatu saat anda memerlukan transfusi darah atau berencana untuk mendonorkan darah, jadi sangat bermanfaat cek golongan darah ini untuk mengetahui jenis darah yang dimiliki.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Air Hitam Nurbaiti, S.Kep menambahkan bahwa bila pasien ada menerima darah yang tidak sesuai dengan golongan darah maka bisa menyebabkan komplikasi.

BACA JUGA:Pj Sekda Lambar Pimpin Musrenbang di Kecamatan Gedung Surian dan Air Hitam

BACA JUGA:Nukman Dampingi Arinal Panen Kopi Arabika di Lampung Barat

“Jadi pemeriksaan golongan darah ini sangat penting dilakukan," kata Nurbaiti.

“Puskesmas Air Hitam pada kegiatan pemeriksaan golongan darah ini memfasilitasi tenaga kesehatan (Nakes) nya, karena PMI Lampung Barat belum memiliki tenaga analisnya maka Puskesmas berkolaborasi dengan membantu menyiapkan Nakes nya. Ini kan kawan-kawan Nakes di kita telah ada Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik Perawat (SIPP) nya lengkap,” sambung Nurbaiti. 

Sekadar diketahui, Kegiatan Pemeriksaan Golongan Darah Gratis pada kegiatan Musrenbang Kecamatan Air Hitam tersebut mengambil tema "Apapun Golongan Darahmu, Mereka Membutuhkannya” dan disaksikan oleh Ketua PMI Lampung Barat Edi Novial, S.Kom dan Pembina PMI Kecamatan Air Hitam Bambang Hermanto.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: