Nukman Dampingi Arinal Panen Kopi Arabika di Lampung Barat

Nukman Dampingi Arinal Panen Kopi Arabika di Lampung Barat

--

BACA JUGA:2024, Pemkab Lampung Barat Targetkan Investasi Rp99,75 Miliar

"Senang sekali saya kalau melihat kebun kopi kayak gini," ucap gubernur sembari keliling melihat keindahan kebun kopi milik Pak Suprianto. 

Sekali-sekali orang nomor satu di Provinsi Lampung itu menyempatkan waktu untuk berfoto dengan memamerkan kualitas kopi arabika milik salah satu petani sukses tersebut. 

"Coba foto dulu saya disamping salah satu pohon kopi ini. Nanti akan saya kirimkan dengan menteri perkebunan," tuturnya.

Bahkan dirinya mengatakan akan mengundang menteri perkebunan untuk melakukan panen kopi arabika di kebun milik Supriyono.

BACA JUGA:Kasus Penggelapan Sepeda Motor Berakhir RJ

"Nanti kalau sudah waktunya panen akan saya coba undang pak menteri perkebunan. Kita akan tunjukkan potensi kopi arabika di Lampung Barat ini sekaligus kita ajak dia untuk ikut panen memetik kopinya," pungkasnya. 

Menanggapi hal tersebut Pj. Bupati Lampung Barat menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Lampung yang sudah menyambangi langsung kebun salah satu masyarakatnya.

Pria tiga anak itu menceritakan, jenis kopi arabika yang dikembangkan Ahmad Supriyono tersebut awal mulanya kurang diminati petani kopi di Lampung Barat. 

"Selama ini dikatakan sebagai kopi padang yang buahnya jarang-jarang. Dan Lampung Barat pernah mengalami kegagalan dalam pengembangan kopi jenis ini di tahun 80 akibat adanya serangan antraknosa dan nematoda," paparnya.

BACA JUGA:9.872 KPM di Pesbar Masih Masuk PKH Tahap I Tahun 2024

Oleh karena itu, dengan adanya pengembangan kopi arabika oleh sang inovator kopi di Lampung Barat yakni Ahmad Supriyono, diharapkan menjadi pengamatan penting dalam pengembangan dan penyebarannya di masyarakat.

"Baik lampung maupun luar provinsi Lampung," tuturnya.

Dikatakan Nukman, dengan adanya kegiatan panen kopi arabika saat ini menunjukkan bahwa lampung ke depan akan menjadi bagian produsen kopi arabika Nasional. 

"Maka dari itu kami sangat berterima kasih dengan diselenggarakannya kegiatan panen kopi oleh Bapak Gubernur yang diinisiasi oleh dinas perkebunan provinsi Lampung," kata Nukman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: