Pekon Kubuliku Jaya Tahun Ini Salurkan BLT DD Kepada 17 KPM

Pekon Kubuliku Jaya Tahun Ini Salurkan BLT DD Kepada 17 KPM

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Kubuliku Jaya, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat menetapkan sebanyak 17 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun anggaran 2024.

Hal itu disampaikan berdasarkan melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) yang dihadiri unsur Pemerintah Kecamatan, pendamping lokal desa, LHP serta seluruh jajaran aparatur di balai pekon setempat Senin 29 Januari 2024.

Dengan kembali bergulirnya BLT DD tahun ini, Pj Peratin Kubuliku Jaya berharap agar bantuan ini dapat bermanfaat serta membantu ekonomi masyarakat penerima manfaat. 

“Seperti kita ketahui bahwa program BLT DD kembali berlanjut di tahun ini, berdasarkan hasil musdesus hari ini, bantuan tunai sebesar Rp 300 Ribu perbulan ini akan diterima oleh 17 KPM  yang diputuskan berdasarkan hasil musdesus,”ujarnya.

BACA JUGA:Siapkan Usulan Prioritas Jelang Musrenbang Kecamatan, Pekon Kubuliku Jaya Gelar Musrenbang Pekon

BACA JUGA:Peringati Hari Gizi, DPC PERSAGI Berkolaborasi Adakan Baksos Penanganan Stunting-Bumil KEK

Pihaknya menyebutkan bahwa berdasarkan hasil musdesus tersebut 17 KPM BLT DD tersebut telah memenuhi kriteria berdasarkan hasil verifikasi dan validasi bersama unsur pemerintah pekon dengan kategori penerimanya ialah keluarga miskin dengan domisili pekon setempat dan diutamakan untuk keluarga miskin ekstrim. 

Keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis. Keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia (Lansia) atau keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

“BLT DD ini disalurkan kembali sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga miskin ekstrem berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan total alokasi maksimal 25% dari pagu Dana Desa,” jelasnya.

Camat Batu Ketulis Sri Handayani menambahkan penetapan KPM BLT-DD dilaksanakan melalui Musdesus, karena ini merupakan program anggaran yang wajib dilaksanakan seluruh pekon dalam rangka mendukung upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.

BACA JUGA:Januari 2024, Relisasi Belanja Pemerintah Pusat di KPPN Liwa Mencapai Rp110,56 Miliar

BACA JUGA:PKBI Cabang Lampung Barat Gelar Apel Besar Kesadaran Remaja Berhenti Merokok

“Dengan kembali bergulirnya BLT DD di tahun anggaran 2024, pihaknya berpesan kepada seluruh kelompok penerima manfaat agar dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya dengan memprioritaskan bantuan tunai itu untuk membantu meringankan kebutuhan sehari-hari,”tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: