Bansos Beras CPP, Masih Verifikasi Data Penerima

Bansos Beras CPP, Masih Verifikasi Data Penerima

Bansos Beras CPP--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mulai mempersiapkan data penerima program bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) yang dilaksanakan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) di kabupaten setempat pada tahun 2024.

Kabid Ketersediaan Pangan, Redi Destian., mendampingi Kadis KPP Pesbar Unzir, S. P., mengatakan tahun ini Bapanas kembali melaksanakan program Bantuan Beras CPP untuk masyarakat Pesisir Barat.

“ Sekarang kita masih melakukan persiapan, terutama dalam melakukan verifikasi data penerima yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapelitbangda),” kata dia.

Dijelaskannya, data penerima bantuan tersebut harus sesuai dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE), akan tetapi harus dilakukan verifikasi ulang untuk memastikan bantuan tersebut tepat sasaran.

BACA JUGA:Perubahan Perda RTRW, Dinas PUPR Siapkan Kajian Materi Teknis

BACA JUGA:Pelantikan KPPS di Way Tenong Berlangsung Lancar di Balai Pekon Masing-Masing

“ Agar bantuan itu tepat sasaran, data P3KE yang menjadi dasar harus dilakukan verifikasi dan disesuaikan dengan kondisi dilapangan,” jelasnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan penyaluran Bantuan beras CPP yang dilaksanakan selama tahun 2023 lalu berdasarkan Data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial.

“ Sedangkan pada tahun ini sesuai dengan data P3KE, jadi kewenangan untuk melakukan verifikasi itu adalah Bapelitbangda, tentunya dengan melakukan koordinasi ke pemerintah pekon,” terangnya.

Dikatakannya, program itu akan dilaksanakan selama enam bulan terhitung sejak Januari hingga Juni mendatang, pembaharuan data baru dilakukan setelah tiga bulan penyaluran.

BACA JUGA:Momen Kunjungan Mendag, Dinas Ketahanan Pangan Lampung Barat Gelar Gerakan Pangan Murah

BACA JUGA:Pemkab Pesisir Barat Jadwalkan Musrenbang RKPD Tahun 2025 Tingkat Kecamatan

“ Sementara, untuk penyaluran Januari belum bisa dilakukan, karena masih menunggu verifikasi data penerima selesai, kemungkinan akan dilaksanakan pada awal Februari mendatang,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: