Agus Istiqlal Resmikan Gedung Sekretariat IBI Pesbar

Agus Istiqlal Resmikan Gedung Sekretariat IBI Pesbar

Peresmian gedung sekretariat IBI Pesisir Barat--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDIkatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Pesisir Barat (Pesbar) meresmikan gedung sekretariat IBI, di Pekon Walur, Kecamatan Krui Selatan, Rabu 24 Januari 2024 kemarin.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Pesbar Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H, Wakil Bupati Ahmad Zulqoini Syarif, S.H., Pj. Sekda Pesbar Drs. Jon Edwar, M.Pd., Ketua IBI Cabang Pesbar Erma Oktariowati, Ketua TP-PKK Pesbar Ny. Septi Istiqlal, sejumlah kepala OPD dan pengurus IBI Cabang Pesisir Barat.

Dalam kesempatan itu, Agus Istiqlal menyampaikan dengan tantangan yang ada tentu tidaklah dijadikan sebagai suatu penghambat untuk maju, tapi jadikanlah setiap tantangan yang dihadapi menjadi sebuah peluang bagi para bidan.

“Sebagai indikator untuk menjalankan program kerja yang efektif dan efisien kearah pencapaian tujuan yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, IBI sebagai wadah para bidan harus siap mengoptimalkan  peran dan kiprahnya untuk turut mengambil bagian dalam pembangunan kesehatan,” kata dia.

BACA JUGA:Pemilihan Muli Mekhanai Pesisir Barat 2024 Segera Digelar

BACA JUGA:Tahun Ini, Inspektorat Lampung Barat Targetkan akan Tangani 30 Kasus

Dijelaskannya, diharapkan agar dalam memberikan pelayanan bidan harus didukung oleh tiga hal penting seperti pengetahuan, keterampilan dan sikap. Jika tidak didukung oleh tiga hal tersebut akan membahayakan bagi bidan maupun masyarakat.

“Selain itu banyak pendukung lain termasuk legalitas dalam memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak serta KB khususnya dan umumnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkannya, dengan membantu mewujudkan lingkungan dan keluarga yang bersih, sehat serta sejahtera lahir dan batin, mendukung masyarakat dalam mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Saya berharap IBI bisa berkomitmen akan hal ini, semua yang menjadi program perlu dilakukan berkesinambungan dan berperan dalam meningkatkan kualitas SDM bidan, karena bidan ialah ujung tombak dalam memberikan pelayanan, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di tingkat primer, serta melakukan rujukan pada kasus-kasus risiko tinggi,” terangnya.

BACA JUGA:Alokasi Pupuk Bersubsidi di Lampung Barat Tidak Terserap 100 Persen, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Bulan Februari, Kecamatan Air Hitam Launching PM Berkah

Menurutnya, pada prinsipnya IBI harus terus aktif dalam melakukan pembinaan anggotanya, karena memang itu semua harus dilakukan oleh organisasi manapun.

“Untuk itu saya pribadi dan atas nama Pemkab Pesbar memberikan penghargaan kepada seluruh bidan yang hadir disini yang sangat luar biasa dan semoga dengan berdirinya gedung sekretariat IBI bisa dipergunakan sebaik-baiknya dan mempermudah bidan berkoordinasi untuk meningkatkan pelayanan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: