BBPPTP Medan akan Alokasikan 150.000 Batang Bibit Tanaman Kopi di Lampung Barat

BBPPTP Medan akan Alokasikan 150.000 Batang Bibit Tanaman Kopi di Lampung Barat

Kabid Perkebunan Disbunnak Lampung Barat Sumarlin, S.P, M.P--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabupaten Lampung Barat tahun ini akan kembali menerima bantuan bibit tanaman kopi unggul untuk 150 hektar dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lampung Barat Yudha Setiawan, S.I.P mengungkapkan, tahun 2023 lalu BBPPTP Medan telah mengalokasikan bantuan bibit kopi di Kabupaten Lampung Barat sebanyak 200.000 batang untuk lahan seluas 200 hektar, sementara untuk tahun 2024 ini akan mengalokasikan bibit kopi sebanyak 150.000 batang.

“Sebanyak 150.000 batang bibit tanaman kopi itu akan di tanam di lahan seluas 150 hektar dan jumlah kelompok tani yang akan menerima bantuan sebanyak 16 kelompok,” tegas Sumarlin, Selasa 23 Januari 2024.

Kata Sumarlin, untuk kelompok penerima bantuan sejauh ini belum ditetapkan karena masih akan dilakukan CPCL (calon penerima calon lokasi).

BACA JUGA:Yoga Pimpin Musrenbang Pekon Basungan

BACA JUGA:Melebihi Target, Produksi Perikanan Budidaya di Lampung Barat Capai 9.347 Ton

“Sebanyak 16 kelompok tani yang akan menerima bantuan belum kita tetapkan karena masih akan dilakukan CPCL dilapangan,” kata dia 

Menurut dia, program peremajaan tanaman kopi tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan produksi kopi, karena sampai saat ini masih ada lahan perkebunan kopi yang belum dilakukan peremajaan sementara kondisi tanamanya sudah tua. 

“Bantuan bibit kopi ini untuk memotivasi petani khususnya yang tanaman kopinya sudah tua agar dilakukan pergantian. Dengan adanya kegiatan peremajaan ini, kita berharap produksi kopi mengalami peningkatan sehingga pendapatan petani juga meningkat,” pungkas dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: