Melebihi Target, Produksi Perikanan Budidaya di Lampung Barat Capai 9.347 Ton

Melebihi Target, Produksi Perikanan Budidaya di Lampung Barat Capai 9.347 Ton

Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Dinas Perikanan Lambar Umi Fitria, S.Pi.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Barat mencatat pada tahun 2023 lalu realisasi produksi Perikanan budidaya di kabupaten setempat mencapai 9.347 ton dari target 9.333 ton.

“Untuk produksi perikanan budidaya tahun 2023 lalu over target yaitu mencapai 9.347 ton, rinciannya budidaya di kolam 2.648 ton, keramba jaring apung (KJA) 5.569 ton dan sawah sebanyak 1.130 ton,” ungkap Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Umi Fitria, S.Pi mendampingi Kepala Dinas Perikanan Kamaludin, Selasa 23 Januari 2024.

Menurut dia, potensi perikanan di Kabupaten Lampung Barat akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan produksi ikan. 

Untuk mencapai target itu maka diperlukan peran aktif masyarakat khususnya pembudidaya ikan. 

BACA JUGA:Evaluasi Program Kesehatan, Puskesmas Batu Brak Gelar Lokmin Lintas Sektoral Triwulan I

BACA JUGA:Pelaku Pencabulan Keponakan Terancam 15 Tahun Penjara

“Sektor perikanan merupakan salah satu sektor andalan Lampung Barat, selain pertanian, peternakan, pariwisata, dan perkebunan,” kata dia.

Masih kata Umi, upaya yang akan dilakukan pihaknya dalam rangka pencapaian target produksi ikan tersebut, seperti memberikan bantuan benih untuk pekon kemiskinan ekstrim, dan kemitraan usaha dengan pihak perbankan serta pembinaan kelembagaan pembudidaya ikan. 

“Realisasi produksi ikan sebanyak 9.347 ton itu antara lain jenis ikan mas, ikan nila dan lainnya. Untuk tahun ini target produksi perikanan budidaya sebanyak 9.333 ton dan kita optimis target tersebut akan tercapai, seperti halnya tahun lalu,” kata dia.

Seraya menambahkan, mayoritas kelompok tani pembudidaya perikanan di Lampung Barat merupakan pembudidaya jenis ikan nila dan ikan mas.

BACA JUGA:Tinjau Medical Check Up JCH 2024, M. Yusuf Berharap Keberangkatan Jemaah Lancar

BACA JUGA:Team Inspektorat Lamsel Dampingi Kades se-Jati Agung dalam Pelaporan LHKPN

“Terlebih untuk Kecamatan Lumbok Seminung merupakan sentra ikan nila terbesar di Lampung Barat,” kata dia.

Lebih jauh Umi mengatakan, tahun ini pihaknya akan menyiapkan bantuan benih ikan nila sebanyak 50.000 ekor yang akan dialokasikan untuk pekon kemiskinan ekstrim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: