Selama 2023, Hasil Budidaya Ikan Air Tawar di Pesisir Barat Capai 217,47 Ton

Selama 2023, Hasil Budidaya Ikan Air Tawar di Pesisir Barat Capai 217,47 Ton

Ilustrasi ikan air tawar--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Perikanan (Diskan), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mencatat capaian produksi budidaya ikan air tawar di kabupaten setempat selama tahun 2023 melampaui target yang telah ditetapkan.

Kadis Perikanan, Armen Qodar, S.P., mengatakan tahun 2023 lalu jumlah produksi ikan air tawar di Kabupaten setempat mencapai 217,47 ton, atau jauh melampaui target yang ditetapkan 189,25 ton.

“Realisasi produksi budidaya ikan air tawar melebihi target yang telah kita tetapkan. Jumlah 217,47 ton itu berasal dari sejumlah jenis ikan yang dibudidayakan oleh kelompok perikanan,” kata dia.

Dijelaskannya, terdapat ratusan kelompok pembudidaya ikan air tawar yang aktif melaksanakan kegiatan budidaya di tahun 2023 lalu, hasilnya cukup bagus meski tahun lalu bantuan disiapkan cukup minim.

BACA JUGA:Camat Gedung Surian Pimpin Langsung 3 Kegiatan di Pekon Pura Mekar

BACA JUGA:Tidak Penuhi Syarat Materiel, Proses Penanganan Pelanggaran Caleg Eva Rina Dihentikan

“Biasanya kita menyiapkan bantuan bibit ikan kepada para kelompok. Hal itu bertujuan untuk mendongkrak produksi ikan air tawar di kabupaten ini. Tapi tahun ini tidak banyak bantuan yang diberikan ke kelompok,” jelasnya.

Dipaparkannya, terdapat empat jenis ikan air tawar yang dibudidayakan oleh kelompok perikanan air tawar, mulai dari Ikan Nila, Ikan Lele, Ikan Gurame dan Ikan Mas.

“Dari empat jenis ikan itu, produksi ikan nila yang paling besar mencapai, kemudian Ikan Lele, Ikan Gurame dan Ikan Mas, hal itu karena ikan nila dan ikan lele yang banyak dibudidaya oleh kelompok,” terangnya.

Pihaknya berharap, pada tahun ini produksi ikan air tawar bisa lebih banyak lagi dari tahun 2023 lalu, karena itu pihaknya akan rutin memberikan pendampingan kepada kelompok agar hasil produksi lebih baik.

BACA JUGA:4 ASN di Lampung Barat Terbukti Melanggar Aturan, 2 Orang Sudah Disanksi

BACA JUGA:Lapor Pak! Ada Oknum Diduga Lakukan Pungli Retribusi Pajak PTJU

“Kita akan terus memberikan pendampingan kepada kelompok budidaya, dan juga mengupayakan agar ada bantuan yang diberikan ke kelompok sehingga hasil produksi lebih meningkat lagi setiap tahunnya,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: