Desember 2023, Kunjungan Wisata di Lampung Barat Naik 22,5 Persen

Desember 2023, Kunjungan Wisata di Lampung Barat Naik 22,5 Persen

Kepala Disporapar Lampung Barat Drs. Dahlin, M.Pd--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Lampung Barat pada periode Desember 2023 meningkat cukup signifikan sebanyak 22,5%. 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Drs. Dahlin, M.Pd, Senin 8 Desember 2024.

Menurut Dahlin, momen libur semester ganjil, libur natal dan tahun baru (Peak Season) menjadi pendorong meningkatnya jumlah kunjungan wisata sebanyak 14.589 kunjungan wisata dibandingkan di bulan November 2023 di Lampung Barat. 

“Terlihat keramaian di beberapa titik destinasi seperti Rest Area Jaya, Pinus EcoPark, Kebun Raya Liwa, dan Lumbok Seminung (Danau Ranau) dengan mayoritas pengunjung merupakan warga lokal Lampung Barat, Pesisir Barat, Pringsewu, Kotabumi, Bandar Lampung, OKU Selatan, Palembang, dan sebagian dari Pulau Jawa,” kata dia.

BACA JUGA:Ambil Jam Komandan, Dandim 0422/LB Sampaikan Pesan Netralitas TNI Jelang Pemilu

BACA JUGA:15 Parpol Sampaikan LADK ke KPU Lampung Barat

Lanjut Dahlin, Program Bangga Berwisata di Indonesia diharapkan dapat menjadi stimulus dalam meningkatkan kegiatan wisata dan perekonomian di dalam daerah. 

“Jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Lampung Barat selama satu tahun adalah 1,38 juta kunjungan wisata yang didominasi oleh pergerakan wisatawan domestik/lokal,” ujar dia.

Sedangkan selama periode libur Nataru (22 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024) terdapat 42.256 kunjungan wisata di 40 destinasi wisata terkelola dan destinasi lainnya yang belum terkelola di Kabupaten Lampung Barat.

“Program Bangga Berwisata di Indonesia diharapkan dapat menjadi stimulus dalam meningkatkan kegiatan wisata dan perekonomian di dalam daerah,” kata dia seraya menambahkan pada tahun 2024 ini diharapkan kunjungan wisata di Kabupaten Lampung Barat semakin meningkat.

BACA JUGA:Sepanjang Tahun 2023, Enam Perda di Lampung Barat Diundangkan

BACA JUGA:Naik Penyidikan, Polisi Belum Tetapkan Tersangka Dugaan Perselingkuhan Oknum Anggota DPRD

Sekadar diketahui, adapun destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lampung Barat, diantaranya wisata alam pohon Pinus Kecamatan Sumberjaya, Temiangan Hill Pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Surian, Wisata Air Terjun Cengkaan di Pekon Way Petai Kecamatan Sumber Jaya, Puncak Rest Area Sindang Pagar Kecamatan Sumberjaya, Wisata Agro Kampung Kopi Pekon Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam. 

Kemudian, wisata air terjun Pekon Tambak Jaya Kecamatan Way Tenong, wisata Gunung Pesagi dan Budaya Pekon Hujung Kecamatan Belalau, wisata alam Bukit Bawang Kecamatan Batu Brak, wisata Kebun Raya Liwa, wisata Geothermal Kawah Keramikan, Nirwana dan Danau Lebar Kecamatan Suoh, Wisata Danau Asam Kecamatan Bandar Negeri Suoh, dan Gunung Seminung Pekon Kagungan Kecamatan Lumbok Seminung. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: