Apakah Bumi Bisa Dilubangi Sampai Tembus? Ini Jawabannya

Apakah Bumi Bisa Dilubangi Sampai Tembus? Ini Jawabannya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk secara teori, mungkin saja untuk mengebor lubang hingga menembus Bumi dan keluar ke sisi lain. Akan tetapi, ada beberapa tantangan teknis yang harus diatasi agar hal ini dapat untuk dilakukan.

Salah satu tantangan terbesar iyalah suhu yang begitu ekstrem di dalam Bumi. Suhu pada pusat Bumi diperkirakan mencapai di angka 5.500 derajat Celcius. Suhu ini tentu terlalu tinggi bagi sebagian besar bahan yang akan digunakan untuk pengeboran.

Mengenai tantangan lain adalah tekanan yang sangat cukup tinggi di dalam Bumi. Tekanan pada pusat Bumi diperkirakan mencapai di angka 365 juta kali tekanan atmosfer di permukaan Bumi. Tekanan ini tentu akan membuat lubanh pengenodan akan runtuh.

Terlepas dari tantangan-tantangan ini, tentu beberapa ilmuwan percaya bahwa pengorbanan menembus Bumi dapat diLakukan. Salah satu proposalnya iyalah untuk menggunakan teknik pengeboran yang memang disebut "direct drilling". Teknik ini yang menggunakan gelombang suara untuk mengarahkan ujung bor ke arah yang memang diinginkan.

BACA JUGA:Indonesia Tiba-tiba Mendapat Sertifikat Rudal Anti-Kapal CM 302 China

Proposal lainya untuk menggunakan teknik pengeboran yang juga disebut "molten drilling". Teknik ini yang menggunakan cairan panas untuk melelehkan batu dan membuat lubang pengeboran.

Jika pengeboran menembus Bumi dapat dilakukan, hal ini akan memiliki implikasi yang signifikan bagi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan dapat menembus Bumi, kita akan dapat mempelajari lebih lanjut tentang interior Bumi dan sumber daya alam yang ada di dalamnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: