Gunung Kemala Timur Maksimalkan Pembangunan Lewat Anggaran DD

Gunung Kemala Timur Maksimalkan Pembangunan Lewat Anggaran DD

--

PELAKSANAAN Kegiatan bersumber dari anggaran dana desa (DD) hingga kini masih dilaksanakan oleh Pemerintah Pekon Gunung Kemala Timur, Kecamatan Way Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Melalui kucuran dana langsung dari pemerintah pusat itu, Pekon Gunung Kemala Timur dapat melaksanakan sejumlah kegiatan, mulai dari pembangunan, ketahanan pangan, penyaluran BLT-DD hingga sejumlah kegiatan lainnya.

Peratin Gunung Kemala Timur Edison Surya mengatakan, melalui anggaran DD pihaknya melaksanakan sejumlah kegiatan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Tahun ini terdapat sejumlah prioritas penggunaan anggaran DD yang ditetapkan seperti penyaluran bantuan langsung tunai, kegiatan ketahanan pangan, hingga prioritas lainnya yang ditetapkan langsung oleh pemerintah pusat,” kata dia.

BACA JUGA:Lewat DD, Gunung Kemala Bangun Jalan-Bagi BLT

Dijelaskannya, sejumlah kegiatan pembangunan yang dilaksanakan tahun ini, seperti pembangunan talud penahan tanah, pembangunan jembatan dan melalui program ketahanan pangan dilakukan pembukaan badan jalan.

“Kita juga melakukan pemeliharaan pada lapangan bulu tangkis yang ada, hal itu karena salah satu olahraga yang banyak digemari masyarakat yakni Badminton,” jelasnya

Selain itu, melalui anggaran DD juga, pihaknya menyalurkan bantuan langsung tunai kepada Keluarga penerima manfaat (KPM) di pekon setempat, sesuai dengan regulasi yang ada yakni minimal 10 persen dan maksimal 25 persen dari total pagu anggaran DD tahun 2023.

“Dalam pelaksanaanya, masing-masing KPM menerima bantuan sebesar Rp300 ribu per bulan, saat penyaluran dilaksanakan setiap tiga bulan sehingga KPM menerima dana bantuan langsung sebesar Rp900 ribu,” terangnya.

BACA JUGA:Anggaran DD Banjar Agung Untuk Sejumlah Kegiatan Prioritas

Sementara itu, tahun ini juga pihaknya menyiapkan perlengkapan sekolah gratis kepada para siswa yang bersekolah di pekon tersebut, dengan tujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak.

“Sejumlah kegiatan lainnya juga dilaksanakan melalui anggaran DD tersebut, mulai dari pelaksanaan Musrenbang, penanganan stunting, kegiatan Posyandu, PKK dan kegiatan lainnya,” ujarnya

Ditambahkannya, keberadaan anggara DD yang diterima setiap tahunnya sangat berdampak bagi masyarakat, karena itu pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat terus berjalan, guna pemerataan pembangunan di pekon setempat.

“Pemerataan pembangunan terus kita upayakan, dengan begitu semua fasilitas dan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat bisa terpenuhi setiap tahunnya,” pungkasnya.(adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: