Lewat DD, Gunung Kemala Bangun Jalan-Bagi BLT

Lewat DD, Gunung Kemala Bangun Jalan-Bagi BLT

--

PEMERINTAH Pekon Gunung Kemala, Kecamatan Way Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini masih memaksimalkan keberadaan anggaran dana desa (DD) untuk melaksanakan kegiatan di pekon setempat.

Peratin Gunung Kemala Fitra Kurniawan mengatakan, tahun ini anggaran DD yang diterima dimanfaatkan untuk sejumlah kegiatan sesuai dengan prioritas penggunaan anggaran DD yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Kegiatan yang kita laksanakan pada tahun ini fokus pada sejumlah kegiatan seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), kegiatan ketahanan pangan, hingga sejumlah kegiatan lainnya,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan penyaluran BLT-DD, tahun ini menyasar 27 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di pekon setempat, jumlah tersebut sesuai dengan aturan yang ditetapkan yakni minimal 10 persen dan maksimal 25 persen dari total pagu DD.

BACA JUGA:Awal Januari 2024, Bawaslu Pesisir Barat Buka Pendaftaran Pengawas TPS Pemilu

“Besaran anggaran DD yang kita salurkan sebesar Rp300 ribu perbulan selama 12 bulan, akan tetapi dalam pelaksanaan penyaluran dilaksanakan setiap tiga bulan sehingga dalam satu kali penyaluran KPM menerima dana bantuan sebesar Rp900 ribu,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan, Pemerintah Pekon Gunung Kemala membangun jalan rabat beton sepanjang 100 meter yang merupakan jalan usaha tani di pekon setempat.

“Tahun ini dalam memaksimalkan akses pertanian masyarakat dan memudahkan masyarakat untuk mengeluarkan hasil panen, maka tahun ini kami membangun jalan rabat beton,” terangnya.

Selain itu, sejumlah kegiatan lainnya dilaksanakan melalui anggaran DD tersebut seperti pelaksanaan posyandu, Musrenbang, turnamen badminton, memeriahkan HUT Kemerdekaan RI hingga kegiatan lainnya yang melibatkan masyarakat secara langsung.

BACA JUGA:Pemkab Lambar Telah Lakukan Pembekalan Personel Linmas untuk Pengamanan TPS

“Kami harap kegiatan yang dilaksanakan tahun ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan bantuan yang disalurkan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pemulihan ekonomi,” harapnya.(adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: