Anggaran DD Banjar Agung Untuk Sejumlah Kegiatan Prioritas

Anggaran DD Banjar Agung Untuk Sejumlah Kegiatan Prioritas

Kegiatan pemanfaatan Dana Desa di Pekon Banjar Agung Kecamatan Way Krui, Kabupaten Pesisir Barat--

KEBERADAAN Program Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat sejak beberapa tahun terakhir, mulai berdampak pada pembangunan pekon di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), seperti yang dilaksanakan Pekon Banjar Agung, Kecamatan Way Krui.

Melalui anggaran DD, Pekon Banjar Agung dapat melaksanakan sejumlah kegiatan di pekon setempat secara mandiri tanpa menunggu pelaksanaan pembangunan dari pemerintah kabupaten maupun provinsi.

Peratin Banjar Agung Fikriansyah, mengatakan pada tahun ini sejumlah kegiatan dilaksanakan, seperti penyelenggara pemerintah pekon, pembangunan pekon, pembinaan masyarakat pekon dan penanggulangan bencana dan keadaan darurat.

“Sejumlah kegiatan kita laksanakan sesuai dengan kebutuhan pekon dan program prioritas yang memang ditetapkan oleh pemerintah pusat dalam penggunaan anggaran DD tersebut,” kata dia.

Dijelaskannya pada tahun ini sejumlah kegiatan yang dilaksanakan seperti melanjutkan pembangunan balai rakyat, karena belum selesai pada tahap sebelumnya, dan melaksanakan rehab taman pendidikan Al-Qur’an (TPA).

“Ada juga kegiatan ketahanan pangan yang kita laksanakan pada tahun ini berupa kegiatan Latasir jalan usaha tani sepanjang 150 meter, untuk memudahkan akses pertanian masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan program prioritas penggunaan anggaran DD berupa penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) ke seluruh masyarakat sasaran sebanyak 17 keluarga penerima manfaat.

“Setiap bulan masing-masing KPM menerima dana bantuan sebesar Rp300 ribu dan berlangsung selama 12 bulan, penyaluran dilaksanakan setiap tiga bulan,” terangnya

Pihaknya berharap, seluruh kegiatan yang dilaksanakan melalui anggaran DD tahun ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan skala prioritas.

“Kita terus berupaya dengan maksimal agar penggunaan anggaran DD yang diterima setiap tahunnya berdampak langsung terhadap masyarakat,” pungkasnya.(adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: