Poktan Margo Tani Pekon Pahayu Jaya Fokus Kembangkan Bibit Kopi Robusta

Poktan Margo Tani Pekon Pahayu Jaya Fokus Kembangkan Bibit Kopi Robusta

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk meraih KAS. Kelompok Tani (Poktan) Margo Tani, Pekon Pahayu Jaya, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengembangkan usaha pengadaan bibit kopi.

Seperti terpantau Sabtu 24 Desember 2023, puluhan anggota Poktan Margo Tani tengah melaksanakan pembuatan proses polibag bibit kopi yang sebelumnya di semai. 

Ketua kelompok Ari Prastio ketika dikonfirmasi media ini mengatakan, dalam produksi bibit kopi tersebut, adalah. 

Hasilnya untuk di jual, yang mana dana yang di peroleh akan menjadi KAS kelompok yang tujuannya untuk mencukupi kebutuhan keuangan kelompok.

BACA JUGA:Pj Peratin Margajaya Gerakkan Warga Tata Lingkungan Pekon

Dijelaskan, sejak awal berdirinya Pokta Margo Tani tersebut tujuannya bukan saja sebagai wadah pemersatu petani melainkan menjadi suatu usaha yang menghasilkan dan kedepannya dana yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha kelompok.

"Sesuai dengan cita-cita kami, keberadaan Poktan ini bukan saja wadah dalam berkoordinasi tentang usaha masing-masing anggota, serta hanya sekedar alat agar mendapatkan bantuan pemerintah. Melainkan kelompok ini betul-betul jadi rumah bersama dalam meningkatkan kesejahteraan," terangnya.   

Ditambahkan Sekretaris Poktan Eko Wibowo, dalam penjualan hasil usaha pembibitan, pihak kelompok akan berkoordinasi dengan kelompok lain dan langsung kepada masyarakat yang berminat membeli bibit kopi robusta yang di produksi kelompok tersebut. 

"Inisiatif kami memproduksi bibit kopi robusta ini, selain untuk pendapatan kelompok juga sebagai upaya mempermudah petani lainnya dalam mencari bibit yang memang dari analisis dan pengalaman kami, bibit yang kami produksi sesuai dengan kultur tanah di Kabupaten Lambar," sebutnya.

BACA JUGA:Pupuk Kerukunan Antar Pemangku, Pekon Karang Agung Kembali Gelar Turnamen Futsal

Lanjut dia dalam penjualan bibit kopi robusta tersebut pihak kelompok memberikan harga yang cukup murah atau begitu terjangkau dengan masyarakat tani. 

Begitu juga dengan kualitas bibit yang disemai dan dikembangkan merupakan biji kopi pilihan yang memang telah teruji dan sangat cocok untuk kultur tanah di kabupaten Lampung Barat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: