Panwascam Batu Ketulis Blusukan Awasi Tahapan Pemilu di Wilayah Perbatasan

Panwascam Batu Ketulis Blusukan Awasi Tahapan Pemilu di Wilayah Perbatasan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan patroli dalam rangka monitoring pengawasan tahapan Pemilu 2024 yang dilakukan di wilayah Belasa, Pekon Luas yang merupakan wilayah perbatasan antara Lampung Barat dengan Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kegiatan yang menjadi bagian dari upaya pengawasan Pemilu itu dipimpin oleh Ketua Divisi SDMO Muhammad Ridho, S,Sos, Divisi HPPH Indri Permanasari SPd., Anggota Divisi PPPS Resa Andika, dua anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Jamaludin dan Idro Nazri serta kepala sekretariat Panwascam Batu Ketulis Aruman beserta staf.

Ketua Panwascam Batu Ketulis Muhammad Ridho mengungkapkan, kegiatan blusukan dilakukan itu dilakukan dengan menyisir lokasi yang akan dijadikan tempat pemungutan suara (TPS) mulai dari TPS 6, 7 dan 8 untuk memastikan keamanan dan kelancaran dalam penyaluran hak pilih mendatang.

Dalam kesempatan itu pihaknya turut menyambangi rumah-rumah yang berada daerah di perbatasan untuk memastikan warga yang telah masuk dalam daftar pemilih yang dikeluarkan oleh KPU.

BACA JUGA:KPU Pesisir Barat Terima Logistik Surat Suara

“Kami sengaja mengunjungi wilayah terpencil untuk memastikan tahapan pemilu berjalan sebagaimana mestinya, sekaligus memantau langsung kondisi TPS yang nantinya akan menjadi tempat menyalurkan hak pilih, apakah itu layak dan aman,” kata M Ridho.

Tak hanya itu, pihaknya juga memantau dan mengawasi proses perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Hal ini guna mencegah kemungkinan terekrutnya kader atau simpatisan partai politik ataupun individu yang mempunyai afiliasi dengan partai politik peserta pemilu tertentu. 

“Kami juga tentunya mengimbau kepada aparat pekon terutama para kepala pemangku agar menjaga netralitas dalam proses pemilu,” pesannya.

BACA JUGA:PN Kotabumi Terkesan Lambat Selesaikan Kasus Penyerobotan Lahan

Terakhir pihaknya turut mensosialisasikan pentingnya pengawasan pemilu melalui peran aktif masyarakat untuk ikut bersama-sama mengawasi seluruh tahapan dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Lewat sosialisasi kami berharap masyarakat dengan dapat membantu tugas panitia pengawas pemilu untuk bersama-sama mengawal jalannya Pemilu agar berjalan dengan lancar tertib tidak ada penyimpangan maupun pelanggaran,” harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: