Libur Nataru, Kunjungan Wisatawan ke Lampung Barat Diprediksi Meningkat

Libur Nataru, Kunjungan Wisatawan ke Lampung Barat Diprediksi Meningkat

Kepala Disporapar Lampung Barat Drs. Dahlin, M.Pd--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kunjungan wisatawan di Kabupaten Lampung Barat diprediksi bakal meningkat di momen libur natal dan tahun baru (Nataru).

“Diprediksi kunjungan wisatawan di Lampung Barat selama libur Natal dan Tahun Baru akan meningkat, karena bertepatan dengan libur anak sekolah dan cuti bersama. Jadi kita berharap kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) agar melakukan persiapan untuk menghadapi kedatangan para pengunjung,” tegas Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Drs. Dahlin, M.Pd, Minggu 17 Desember 2023).

Dari catatan yang ada, kata dia, jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Lampung Barat dari Januari hingga Oktober tahun 2023 telah mencapai 1.246.637 orang.

“Data kunjungan sejak Januari-Oktober 2023, di Destinasi Wisata yang dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sebanyak 1.246.637 orang, yang didominasi wisatawan nusantara,” tegas dia.

BACA JUGA:Berbeda dengan Eropa, di Asia Banyak Dibangun Gedung Pencakar Lagit, Ini Alasannya

“Destinasi favorit yang dikunjungi oleh wisatawan antara lain, Kawasan Kebun Raya Liwa, Kawasan Lumbok Seminung, Temiangan Hill dan Rest Area Jaya,” sambung dia.

Sebagai informasi, lanjut dia, pada periode Januari-September Provinsi Lampung masuk ke dalam 3 besar kunjungan wisatawan nusantara terbanyak se-Pulau Sumatera setelah Sumatera Utara dan Sumatera Barat dengan jumlah 10,26 juta kunjungan wisatawan selama Januari-September 2023 (sumber: Kemenparekraf RI) dimana terdapat 1 juta kunjungan wisata tersebar di Kabupaten Lampung Barat dalam periode yang sama.  

“Diharapkan kedepannya jumlah kunjungan ini semakin meningkat,” ujar dia.

“Kemenparekraf RI bersama Kemenkomarvest meluncurkan Program Bangga Berwisata di Indonesia, merupakan program agar kita berwisata #DiIndonesiaAja, Kemenparekraf RI mempunyai target 1,2 - 1,4 miliar perjalanan Wisatawan Nusantara yang berwisata di Indonesia pada Tahun 2024. Mari kita dukung program ini, explore wisata daerah, jelajahi wisata di Lampung dan di Indonesia Saja, mari bangga berwisata #DiLambarAja #DiLampungAja dan #DiIndonesiaAja,” tambahnya.

BACA JUGA:Negara Kaya Ini Jatuh Miskin, Kok Bisa? Simak Penjelasannya

Menurut dia, program ini akan berdampak pada meningkatnya pendapatan masyarakat para pelaku dan penggiat pariwisata serta pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif.

“Kita berharap jumlah pengunjung wisatawan di Lampung Barat terus mengalami peningkatan,” pungkas dia. 

Sekadar diketahui, adapun destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lampung Barat, diantaranya wisata alam pohon Pinus Kecamatan Sumberjaya, Temiangan Hill Pekon Trimulyo Kecamatan Gedungsurian, wisata air terjun Cengkaan di Pekon Waypetai Kecamatan Sumberjaya, Puncak Rest Area Sindangpagar Kecamatan Sumberjaya, Wisata Agro Kampung Kopi Pekon Rigisjaya Kecamatan Airhitam. 

Kemudian, wisata air terjun Pekon Tambakjaya Kecamatan Waytenong, wisata Gunungpesagi dan Budaya Pekon Hujung Kecamatan Belalau, wisata alam Bukit Bawang Kecamatan Batubrak, wisata Kebun Raya Liwa, wisata Geotermal Kawah Keramikan, Nirwana dan Danau Lebar Kecamatan Suoh, Wisata Danau Asam Kecamatan Bandarnegeri Suoh, dan Gunungseminung Pekon Kagungan Kecamatan Lumbokseminung.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: