Diduga Lakukan Pencemaran Nama Baik, Owner Rumah Makan Gaola Laporkan Akun TikTok Milik Oknum Wartawan

Diduga Lakukan Pencemaran Nama Baik, Owner Rumah Makan Gaola Laporkan Akun TikTok Milik Oknum Wartawan

Caption: Pemilik RM Gaola Didampingi kuasa hukumnya saat memberikan keterangan soal laporannya ke Polres Way Kanan--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemilik rumah makan Gaola di WAY KANAN, Indra Septa Purnama, menggelar konferensi pers terkait dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh seorang wartawan dan akun TikTok.

Dalam konferensi pers yang digelar di Café Umpu Bhakti, Rabu (6 Desember 2023), Indra mengatakan bahwa pemberitaan di sebuah media yang tidak imbang sangat merugikan dirinya.

"Saya sudah melaporkan masalah ini, baik berita yang tidak imbang dan juga terlalu menuduh, itu sangat merugikan kami. Begitu juga akun TikTok yang memojokan kami, tapi tidak ada bukti dalam video itu," kata Indra.

Kuasa hukum Indra, M.Djalal Hafidz, menjelaskan bahwa produk jurnalis dan media sosial diatur dalam peraturan yang berbeda.

BACA JUGA:Ambil Sikap, Pj Bupati Perintahkan DPMPP Tindaklanjuti Pemecatan 19 Aparat Pekon

Akan tetapi memang pada praktiknya kedua hal ini bisa berkaitan satu sama lain, terlebih jika dikaitkan dengan suatu akibat hukum Pers yang diatur dalam UU No. 40 Tahun 1999.

Djalal menjelaskan bahwa apabila berita atau postingan media sosial mengandung unsur ketidakbenaran, terlebih pencemaran nama baik, maka dapat dituntut secara pidana.

"Jika, kedua hal tersebut, produk jurnalis membersamai postingan media sosial ataupun sebaliknya postingan media sosial yang memuat suatu produk jurnalis, diindikasikan merugikan suatu pihak tertentu, maka akan berkaitan satu sama lain," ujar Djalal.

Apalagi, kata dia, kedua hal tersebut mengarah ke suatu perbuatan pidana. 

BACA JUGA:Inspektorat Lampung Barat Tangani Puluhan Kasus Libatkan ASN hingga Aparat Pekon

Maka, akan dijadikan kedua alat bukti yang saling berkaitan, tidak bisa disimpulkan kondisi yang demikian dianggap semata-mata hanya melaporkan produk jurnalis.

Karena terdapat relevansi yang jelas antara keduanya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: