Hasil Survei Elektabilitas Capres Terbaru 2023, Siapa Paslon Paling Kuat?

Hasil Survei Elektabilitas Capres Terbaru 2023, Siapa Paslon Paling Kuat?

--

BACA JUGA:Berikut Susunan Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin

Dirinya menyebut pada survei bulan Agustus dengan simulasi banyak nama, elektabilitas Prabowo masih berada di angka 30 persen.

Setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi yang membolehkan kepala daerah berusia kurang dari 40 tahun untuk maju pada Pilpres, Gibran pun melenggang maju serta mendongkrak elektabilitas pasangan nomor urut dua itu.

“Masuknya Gibran ke dalam gelanggang Pilpres makin memberikan dorongan kuat bagi Prabowo, sebagai bentuk dukungan kuat Jokowi kepada mantan saingan dua kali Pilpres yang kini menjadi sekutu kuat dalam pemerintahan,” sebutnya.

Dikabarkan, survei Y-Publica dilakukan pada 15 hingga 22 November 2023 kepada 1200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

BACA JUGA:Ini Alasan Anies Baswedan dan PKS Menolak Proyek IKN Nusantara, Ibu Kota Negara Harus Tetap di Jakarta

Data diambil melalui wawancara tatap muka terhadap responden yang dipilih secara multistage random sampling dengan margin of error 2,89 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil Lembaga Survei Lainnya

1. Survey and Polling Indonesia (SPIN)

SPIN merilis hasil survei pada Selasa 28 November 2023.

BACA JUGA:Kunjungi Lampung, Bacawapres Gibran Belanja Bahan Pokok di Pasar Natar

Survei tersebut digelar pada 1 hingga 10 November 2023 dengan melibatkan 2.178 responden di 38 provinsi.

Hasil survei SPN menunjukkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengungguli Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga Anies Baswedan bersama Muhaimin Iskandar.

Prabowo dan Gibran berada di pucuk dengan 43 persen, sementara Ganjar dan Mahfud serta Anies dan Muhaimin selisihnya tidak jauh beda.

Berikut ini hasil survei SPN terbaru:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: