Harimau Sudah Masuk Kawasan Hutan, Warga Mulai Kembali Beraktivitas ke Kebun

Harimau Sudah Masuk Kawasan Hutan, Warga Mulai Kembali Beraktivitas ke Kebun

Ilustrasi Harimau Sumatera sempat memangsa ternak warga-freepik.com@vladimircech-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Masyarakat pemilik lahan di wilayah Kebudu, Pekon Negeri Ratu Tenumbang Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kini sudah kembali beraktifitas ke lahan perkebunannya di wilayah itu, pasca ada Harimau Sumatera (panthera tigris sondaica) yang sempat memangsa salah satu hewan ternak warga setempat.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Pesbar, Dadang Trianahadi, S.P, M.M., mengatakan, untuk saat ini kondisi harimau yang sempat berada di wilayah Kebudu Pekon Negeri Ratu Tenumbang dan sempat memangsa hewan ternak warga itu sudah kembali masuk kedalam kawasan Hutan.

“Petugas lapangan/resort dan mitra UPTD KPH Pesbar hingga kini masih melakukan pemantauan, bahkan sampai menginap di lokasi, dan dari hasil pemantauan itu saat ini keberadaan harimau itu sudah kembali masuk ke kawasan hutan,” katanya, Jumat (24 November 2023).

Dijelaskannya, terkait dengan situasi yang ada di wilayah Kebudu itu hingga kini sudah kondusif dan terkendali, serta masyarakat pemilik lahan perkebunan yang ada di wilayah itu sebagian besar juga sudah mulai kembali beraktivitas seperti biasanya. 

BACA JUGA:Harimau Memangsa Ternak di Pesisir Barat, Warga Diminta Waspada

Namun, meski situasi sudah kondusif, pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat untuk tetap waspada, karena memang wilayah tersebut berbatasan langsung dengan kawasan hutan.

“Kita kembali mengingatkan warga tetap waspada saat beraktifitas di lahan perkebunannya, serta dapat memberikan informasi secepatnya kepada petugas jika memang kembali melihat keberadaan harimau tersebut,” jelasnya.

Karena memang, kata dia, dimungkinkan kawasan hutan yang ada di wilayah itu merupakan perlintasan hewan buas tersebut. 

Selain itu juga kepada masyarakat agar tetap mengindahkan imbauan salah satunya untuk tidak memelihara hewan ternak di wilayah tersebut. 

BACA JUGA:Harimau Dekati Pemukiman Warga Padangcahya, Satu Ekor Kambing Dimangsa

Jika memang memiliki hewan ternak agar dapat dibawa turun terlebih dahulu ke kampungnya.

“Dengan adanya hewan ternak itu tentu kita khawatir akan membuat hewan buas itu kembali datang ke lokasi tersebut,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, hingga kini masyarakat yang memiliki lahan perkebunan tepatnya di wilayah Kebudu, Pekon Negeri Ratu Tenumbang, Kecamatan Pesisir Selatan, masih was-was untuk menginap ataupun pergi ke lahan perkebunannya.

Pasalnya, awal November 2023 lalu di wilayah itu terdapat hewan ternak yang diduga dimangsa Harimau Sumatera (panthera tigris sondaica). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: