Harimau Dekati Pemukiman Warga Padangcahya, Satu Ekor Kambing Dimangsa

Harimau Dekati Pemukiman Warga Padangcahya, Satu Ekor Kambing Dimangsa

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Warga Pekon Padangcahya, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat dihebohkan dengan peristiwa dimangsanya satu ekor kambing diduga oleh Harimau di wilayah Cecahan, Pemangku Way Handak pada Senin malam (31/10/2022) sekitar pukul 20:00 WIB.

Kuatnya dugaan hewan ternak warga tersebut dimangsa oleh hewan berjuluk ‘Si Raja Hutan’ Tersebut, karena petugas polisi kehutanan dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Liwa bersama Bhabinkamtibmas Polsek Balikbukit berhasil menemukan sejumlah jejak alias telapak kaki dari satwa liar tersebut. 

Kepala Resort TNBBS Liwa Riga Dewangga mendampingi Kabid Wilayah II Balai Besar TNBBS Amri mengatakan, setelah mendapat informasi dari warga, pihaknya turun kelokasi bersama sejumlah petugas Resort, aparat kepolisian, aparat pekon dan sejumlah warga.

“Setelah mendapat informasi kami langsung turun untuk mengecek dan memang kami temukan beberapa jejak kaki diduga harimau, sehingga kami langsung pengamanan serta beberapa upaya penghalauan agar satwa ini menjauh dari pemukiman,” terangnya.

BACA JUGA:Sembilan Pekon Usulkan Pencairan DD dan ADP

Selain jejak, pihaknya juga sempat menemukan bercak darah yang diduga berasal dari ternak kambing milik pak Jamidi yang sempat dimangsa oleh satwa liar yang dilindungi tersebut.

“Ya selain jejak, sebelumnya kami menemukan ada bercak darah juga yang berasal dari ternak kambing yang dimangsa. Kemudian tadi pagi tidak jauh dari kandang kambing pak Jamidi di temukan jejak baru dan setelah kami cek dan ukur sama dengan ukuran yang kami temukan pada Selasa (1/11/22) pagi,” jelasnya 

Sehingga, pihaknya menduga di malam harinya hewan buas tersebut akan kembali memangsa kambing Jamidi.

”Hingga saat ini kami masih berjaga-jaga di lokasi serta telah mengevakuasi ternak warga,” imbuhnya.

BACA JUGA:Pemasangan Instalasi PLN di Roworejo dan Sidorejo Masuk Roadmap PLN 2023

Sementara itu, Peratin Padangcahya Muzarni membenarkan hal tersebut, ia mengatakan, dimangsanya satu ekor kambing milik salah satu warganya itu terjadi pada Senin malam (31/10/2022) pukul 20:00 WIB, saat itu Jamidi mendengar ada suara gaduh di kandang kambingnya. Sehingga ia bergegas melihat ke kandang tersebut. 

“Setibanya di kandang pak Jamidi melihat satu ekor kambing betina miliknya tengah dimangsa dan diseret oleh Harimau tersebut. Setelah kejadian itu pak Jamidi tidak langsung melapor dna itu baru kami ketahui saat ada kegiatan pendataan,” pungkasnya seraya menambahkan bahwa pihaknya telah mengeluarkan imbauan kepada warga sekitar untuk sementara tidak memasuki daerah tersebut saat sore dan malam hari guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.(edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: