Harimau Memangsa Ternak di Pesisir Barat, Warga Diminta Waspada

Harimau Memangsa Ternak di Pesisir Barat, Warga Diminta Waspada

Ilustrasi Harimau-freepik.com@grmarc-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Hingga kini masyarakat yang memiliki lahan perkebunan tepatnya di wilayah Kebudu, Pekon Negeri Ratu Tenumbang, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), masih was-was untuk menginap ataupun pergi ke lahan perkebunannya.

Pasalnya, awal November 2023 lalu di wilayah itu terdapat hewan ternak yang diduga dimangsa Harimau Sumatera (panthera tigris sondaica). Sehingga, sampai saat ini masyarakat di daerah itu masih khawatir untuk pergi berkebun.

“Warga kita terutama yang memiliki lahan perkebunan di wilayah Kebudu Pekon Negeri Ratu Tenumbang itu sampai sekarang masih khawatir dengan keberadaan Harimau Sumatera itu,” kata Camat Pesisir Selatan, Mirton Setiawan, S.Pd, M.M., Rabu (22 November 2023).

Karena itu, pihaknya mengimbau dan mengingatkan masyarakat yang memiliki lahan perkebunan di lokasi itu agar tetap waspada dan berhati-hati jika  hendak ke lahan perkebunannya, atau hendak melintas di wilayah tersebut. 

BACA JUGA:Sengketa Proses Pemilu 2024 di Pesisir Barat, Permohonan Pemohon Ditolak

Hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Begitu juga jika warga yang tinggal di lahan perkebunan itu memiliki hewan ternak seperti kambing dan sapi, diharapkan untuk segera diamankan atau dipindahkan ke tempat lainnya,” jelasnya.

Masih kata dia, mengenai persoalan adanya dugaan harimau sumatera yang berkeliaran di lokasi lahan perkebunan di wilayah Kebudu, Pekon Negeri Ratu Tenumbang, yang sempat memangsa hewan ternak warga itu juga sudah dilaporkan ke Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Pesisir Barat.

“Sudah dilaporkan saat adanya kejadian hewan ternak yang diduga dimangsa Harimau Sumatera tersebut, dan sebelumnya berdasarkan informasi juga tim dari KPH sudah melakukan pengecekan ke lokasi. Kita berharap secepatnya bisa kondusif kembali,” ujarnya.

BACA JUGA:Jumlah Ormas-LSM Terdaftar di Bakesbangpol Lampung Barat Terus Bertambah

Sementara itu, Kepala UPTD KPH Pesbar, Dadang Trianahadi, S.P, M.M., mengatakan, sebelumnya Tim KPH memang sudah mendapat laporan mengenai adanya dugaan hewan ternak yang dimangsa Harimau Sumatera di wilayah Kebudu, Pekon Negeri Ratu Tenumbang tersebut. 

Berdasarkan dari hasil pengecekan di lokasi saat itu bahwa secara umum kondisi di Dusun tersebut terdapat sekitar 60 Kepala Keluarga (KK).

“Diwilayah itu juga terdapat hewan ternak yakni tujuh ekor sapi, delapan ekor kambing, dan unggas seperti ayam serta lainnya, yang memang masyarakat di wilayah itu mayoritas berkebun, baik sawit, karet, damar, jengkol, dan sebagainya,” katanya.

Ditambahkannya, kondisi kebun warga di wilayah itu mayoritas dirawat dan sebagian lainnya terlantar atau belukar dengan tutupan lahan menyerupai hutan sekunder. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: