28 Ormas di Lampung Barat Diharapkan Mampu Berikan Sumbangsih Positif untuk Pembangunan

28 Ormas di Lampung Barat Diharapkan Mampu Berikan Sumbangsih Positif untuk Pembangunan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi peran serta organisasi masyarakat dalam membantu mewujudkan kondisi wilayah yang aman dan kondusif di Kabupaten Lampung Barat 2023.

Kegiatan yang berlangsung di ruang Rapat Pakuwon Kecamatan Balik Bukit, Kamis (23 November 2023) dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama. 

Turut dihadiri Kepala Kesbangpol setempat Burlianto, S.H., dan perwakilan dari 28 organisasi kemasyarakatan.

Sosialisasi tersebut, menghadirkan pemateri dari DPRD dengan materi peran organisasi masyarakat dalam mengawal demokrasi di Kabupaten Lampung Barat, Kejaksaan Negeri Lampung Barat dengan materi teknis implementasi tugas dan kewenangan kejaksaan dalam penanganan pelanggaran tindak pidana pemilu pada sentra gakkumdu, Polres Lampung Barat dengan materi dinamika lingkungan strategis tantangan globalisasi dan Dandim 0422 Lampung Barat dengan materi peran kodim 0422 dalam menghadapi pemilu 2024.

BACA JUGA:Ditanya Soal Jatah Menteri untuk Muhammadiyah, Ini Jawaban Anies-Cak Imin

Dalam penyampaiannya, Sekda Lampung Barat mengatakan organisasi kemasyarakatan (ormas) adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan negara kesatuan Republik Indonesia (RI) yang berdasarkan Pancasila.

"Organisasi kemasyarakatan dapat kekuatan efektif dan berperan aktif memberikan sumbangsih positif bagi pembangunan menuju kesejahteraan mendampingi kekuatan eksekutif, legislatif, dan yudikatif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjadi pelopor terdepan dalam terwujudnya masyarakat, mengembangkan peran serta organisasi di berbac program pemerintah," kata dia.

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan tersebut Adi Utama berharap ke depannya ormas yang berada di Lampung Barat dapat memberikan pencerahan terhadap kondisi Kabupaten Lampung Barat saat ini.  

Sebab, sambung Adi Utama, peran ormas dalam menciptakan situasi yang kondusif pada pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 mendatang adalah persatuan dan kesatuan bangsa serta menciptakan komitmen bersama untuk menjaga kokohnya negara kesatuan meningkatkan pemilihan umum, dan membantu memberikan edukasi merajut dan menjalin semangat Republik Indonesia.

BACA JUGA:DP Korpri Pesbar Gelar Lomba Paduan Suara Mars Korpri

"Mengingat sebentar lagi kita akan menghadapi kampanye pemilu, oleh karena itu saya berharap ormas yang ada di Lampung Barat dapat menjalin sinergitas kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat guna menciptakan pemilu yang sehat, aman dan kondusif," terangnya.

"Saya juga meminta ormas dan LSM, khususnya di Kabupaten Lampung Barat agar dapat terus berkiprah dan menjadi motor penggerak bagi terlaksananya pembangunan yang kondusif, aman, tentram, dan damai di Bumi Beguai Jejama Sai Betik," pungkasnya.

Sementara, Burlianto S.H menjelaskan tujuan digelarnya kegiatan tersebut diharapkan organisasi kemasyarakatan mampu mewujudkan kondisi wilayah wilayah yang aman dan kondusif tahun anggaran 2023.

"Untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman tentang peran organisasi kemasyarakatan dalam menjaga wilayah yang aman dan kondusif," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: