Deklarasi Kampanye Pemilu Damai, Novri Jonestama: Spirit Bersama Menjadikan Pemilu 2024 Berkualitas

Deklarasi Kampanye Pemilu Damai, Novri Jonestama: Spirit Bersama Menjadikan Pemilu 2024 Berkualitas

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Barat, menggelar deklarasi kampanye pemilu damai, yang dihelat di Taman Kota Liwa, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Selasa (21 November 2023). 

Deklarasi  Pemilu damai tersebut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., yang diwakili Kepala Bankesbangpol Burlianto Eka Putra, wakil ketua II DPRD Lambar Erwansyah, Wakapolres Kompol Robi B Wicaksono, Ketua KPU Lampung Barat Arip Sah, perwakilan Kejari, Kodim 0422, para ketua partai politik (Parpol), Media Massa, Ketua dan Anggota serta sekretariat Panwascam dan Pengawas Kelurahan dan Desa se-kabupaten setempat.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Lampung Barat Novri Jonestama mengungkapkan, dengan adanya deklarasi Pemilu damai tersebut, semua pihak dapat memaknai penyelenggaraan Pemilu secara utuh dan dapat berlangsung dengan Luber dan Jurdil serta terlaksana sesuai regulasi yang berlaku. 

Tidak kalah penting tahapan Kampanye yang cukup panjang dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya kendala dan berjalan sesuai aturan perundang-undangan. 

BACA JUGA:Peringatan HKN Ke-59, Lampung Barat Raih Penghargaan Atas Capaian Universal Health Coverage

Terusnya, sesuai amanat Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum tugas, Kewenangan kewajiban bawaslu adalah melakukan pengawasan. 

Pencegahan, penanganan pelanggaran dan Menyelesaikan sengketa proses pemilu.

“Untuk itu tugas pencegahan ini dilaksanakan melalui sosialisasi, koordinasi dan mendorong partisipasi seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Lanjut dia, kegiatan deklarasi kampanye damai pemilu pada pagi ini adalah merupakan salah satu upaya  sosialisasi, upaya koordinasi dan upaya partisipasi masyarakat tersebut.

BACA JUGA:Berikut Info Pencairan Bansos Rp 200 Ribu per Bulan Masuk Rekening Penerima

“Kami berharap ini bukan hanya acara seremonial saja, tetapi Deklarasi Kampanye Damai Pemilu menjadi semangat bersama, menjadi spirit bersama agar kita semuanya di kabupaten Lampung Barat ini bisa menjadikan Pemilu 2024 Pemilu Demokratis, Bermartabat dan Berkualitas,” pungkasnya.

Dilain  pihak, Wakapolres Kompol Robi B Wicaksono  mengatakan, jangan jadikan pesta demokrasi menjadi nuansa untuk adu domba dan menimbulkan konflik. Karenanya ia mengajak bersama-sama, ciptakan Pemilu yang aman, damai dan sejuk.

“Hindari terprovokasi dan berita hoaks. Partisipasi kita dalam Deklarasi ini adalah langkah awal menuju Pemilu yang damai dan bermartabat,” sambungnya.

“Deklarasi ini menciptakan harmoni di tengah perbedaan pandangan politik. Kabupaten Lampung Barat menunjukkan kepada publik bahwa demokrasi dapat berkembang dalam suasana yang penuh toleransi dan rasa hormat. Deklarasi hari ini adalah tonggak awal untuk suksesnya Pemilu Serentak 2024 yang adil, aman, dan damai di Lampung Barat,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: