Peringatan HKN Ke-59, Lampung Barat Raih Penghargaan Atas Capaian Universal Health Coverage

Peringatan HKN Ke-59, Lampung Barat Raih Penghargaan Atas Capaian Universal Health Coverage

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Betepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023, Kabupaten Lampung Barat telah berhasil meraih penghargaan atas capaian Universal Health Coverage (UHC) cakupan Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) per 1 Oktober 2023 dari pemerintah pusat, melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) RI.

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., diserahkan oleh Deputi Direksi BPJS kesehatan wilayah III Yudi Bastia, pada acara peringatan HKN ke-59 yang dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Aji Saka, Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit, Selasa (21 November 2023).

Nukman menyampaikan rasa bangganya, sebab UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan semua penduduk telah terdaftar sebagai peserta program jaminan kesehatan nasional.

BACA JUGA:Berikut Info Pencairan Bansos Rp 200 Ribu per Bulan Masuk Rekening Penerima

Nukman menyebut, capaian JKN di Lampung Barat saat ini sudah mendekati 100 persen, tepatnya 96,8 persen.

"Saat ini capaian kepesertaan JKN Kabupaten Lampung Barat sebesar 96,8 persen, artinya sudah mendekati 100 persen," ungkap Nukman.

"Dengan capaian UHC tersebut membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Barat terus berupaya agar setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif dan bermutu," pungkasnya.

Sementara, deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah III Yudi Bastia mengatakan, launching UHC tersebut merupakan salah satu kemenangan yang berhasil dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam memberikan perlindungan layanan kesehatan bagi masyarakatnya.

BACA JUGA:Kompol Rafli Jadi Pembina Upacara, Ajak Siswa SMKN 1 Krui Jauhi Kenakalan Remaja

"Kami segenap jajaran manajemen BPJS Kesehatan mengucapkan selamat Hari Kesehatan Nasional Ke-59 dan launching UHC Kabupaten Lampung Barat," ujarnya.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang telah mencapai Universal Health Coverage," sambungnya.

Yudi menjelaskan, bahwa sampai dengan 1 November 2023 jumlah peserta JKN Kabupaten Lampung Barat telah mencapai 96,85 persen dari jumlah penduduk atau sejumlah 298.460 jiwa.

"Sehingga terdapat lebih kurang 9.699 jiwa penduduk yang belum memiliki kepesertaan JKN dengan tingkat keaktifan peserta yaitu 65,04 persen," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: